Workshop on Written Opinion: Bekal Pemeriksa Paten Untuk Menghasilkan Laporan Pemeriksaan Yang Berkualitas

Pemeriksa Paten Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) mengikuti Workshop on Written Opinion Report and PCT National Phase Examination and Work Products of the International Phase selama 3 (tiga) hari di Bogor, Rabu (18/10/2017).

Dalam workshop ini, pemeriksa paten Ditjen KI akan mendapatkan penjelasan dalam membuat Written Opinion Report oleh Konrad Lutz Mailander, perwakilan World Intelellectual Property Organization (WIPO) dan Scott Makin, perwakilan Intelellctual Property (IP) Australia.

Written Opinion Report merupakan format dan struktur pembuatan laporan pemeriksaan paten.

Dengan membuat Written Opinion Report yang seragam dengan standar-standar format laporan pemeriksaan internasional, menjadikan kualitas hasil pemeriksaan paten Indonesia dapat dipertanggung-jawabkan dan sejajar dengan kualitas laporan hasil pemeriksaan di kantor-kantor paten internasional.

"Dari workshop ini kami ingin mendapatkan Written Opinion yang seragam, karena ke depannya Indonesia berencana akan menjadi kantor paten ISA (International Searching Authority)", ucap Pemeriksa Paten, Mohammad Zainudin.

Dalam rangka rencana Indonesia menjadi kantor paten ISA (International Searching Authority), salah satu syarat pentingnya yaitu masalah kualitas hasil pemeriksaan.

Oleh karena itu, workshop seperti ini sangat diperlukan untuk menghasilkan para pemeriksa Paten yang profesional dan mampu bersaing dengan kantor-kantor paten luar negeri, sehingga Visi Ditjen KI sebagai institusi kekayaan intelektual berstandar Internasional dapat tercapai. (Humas DJKI, Oktober 2017)


LIPUTAN TERKAIT

DJKI Serahkan Tiga Sertifikat, Paten di Bangka Belitung Semakin Meningkat

DJKI dan Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan tiga sertifikat paten kepada para inventor dan perwakilan Universitas Bangka Belitung. Penyerahan ini dilaksanakan pada pembukaan POSS, 1 Juki 2024 di Pangkalpinang.

Senin, 1 Juli 2024

Perundingan ICA CEPA Masuki Putaran ke-8

Delegasi Indonesia yang diwakili Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) aktif mengikuti putaran ke-8 Perundingan Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA CEPA) di Ottawa, Kanada pada 24 s.d. 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

DJKI dan MyIPO Bahas Pendaftaran Merek dan Indikasi Geografis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerima kunjungan dari Intellectual Property Corporation of Malaysia (MyIPO) di Kantor DJKI, Jakarta, pada hari Jumat, 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

Selengkapnya