DJKI Siap Capai Target Kinerja dengan Terus Meningkatkan Pelayanan Prima

Bandung - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pelatihan pelayanan prima untuk pegawai di lingkungan DJKI guna memberikan kualitas pelayanan publik dan mencapai target kinerja.

Pada pelatihan yang digelar pada tanggal 20 s.d. 23 April 2021 di Grand Mercure Hotel Bandung ini, terdapat 3 (tiga) kelas di antaranya komunikasi interpersonal, pembekalan materi pelayanan prima serta dilanjutkan dengan simulasi pelayanan prima, analisa masalah serta diskusi kelompok.

Materi komunikasi interpersonal yang disuguhkan merupakan pola berkomunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka serta pembekalan materi pelayanan prima bertujuan untuk memberikan pegawai DJKI pengetahuan untuk dapat bersikap lebih profesional.



Tidak hanya itu, Koordinator Kepegawaian Dian Nurfitri juga menjelaskan bahwa etika dasar pelayanan adalah sikap sopan, hormat, sikap penuh perhatian, suka membantu, tenggang rasa, bersahabat serta mampu menguasai diri dan mengendalikan emosi.

“Kita harus menjadi yang profesional dengan menanamkan tata nilai PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif sehingga setiap orang harus memiliki integritas yang tinggi kepada negara, serta memiliki etos kerja yang baik,” ujar Dian saat membacakan sambutan Sekretaris DJKI pada Kamis, 21 April 2022. 

Oleh karena itu, Dian berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini pegawai DJKI dapat melakukan tanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat. 

“Dalam memberikan pelayanan prima kita harus memperhatikan sikap dalam humble atau ramah, menunjukan rasa saling memiliki, serta berjiwa besar,” tuturnya.

Selanjutnya, diharapkan setelah mengikuti pelatihan pelayanan prima, pegawai DJKI dapat menguasai teknik dalam memahami kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemohon Kekayaan Intelektual.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk dijadikan refleksi agar seluruh pegawai di lingkungan DJKI senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama, serta memberikan yang terbaik guna meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan DJKI menjadi ‘’World Class IP Office,’’ pungkas Dian. (CAN/KAD)


LIPUTAN TERKAIT

Webinar DJKI-MyIPO Bekali UMKM Pemahaman Mendalam Prosedur Pendaftaran Merek

Sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Intellectual Property Corporation of Malaysia (MyIPO) menggelar Webinar Technology and Innovation Support Center (TISC) secara daring pada 24 Juni 2025. Mengusung tema 'Trademark Application and Examination Procedure', webinar ini bertujuan memperkuat pemahaman tentang sistem dan prosedur pendaftaran merek bagi anggota TISC serta pelaku UMKM di Indonesia dan Malaysia.

Selasa, 24 Juni 2025

DJKI dan Kanwil Jatim Gelar Survei Kepuasan Masyarakat Layanan Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum (Kemenkum) bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkum Jawa Timur melaksanakan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan Kekayaan Intelektual (KI) tahun 2025. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari upaya DJKI dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang KI.

Selasa, 24 Juni 2025

Langkah-Langkah Mendapatkan Hak Eksklusif Merek

Pelindungan Kekayaan Intelektual (KI), khususnya merek merupakan sistem yang memberikan hak eksklusif kepada pemilik produk. Pelindungan ini juga membuka jalan menuju kesuksesan melalui inovasi yang timbul melalui ide serta dapat diaplikasikan dalam sebuah produk. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Tim Kerja Permohonan, Klasifikasi, Administrasi Direktorat Merek dan Indikasi Geografis Erick Christian Fabrian Siagian.

Senin, 23 Juni 2025

Selengkapnya