DJKI Terima Kunjungan SMA Islam Dian Didaktika

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerima Kunjungan dan Sosialisasi Kekayaan Intelektual (KI) dari SMA Islam Dian Didaktika (IDD) Rabu, 22 Mei 2024 di Aula Oemar Seno Adji Lantai 18. 

Eka Fridayanti, Ketua Tim Kerja Hubungan Masyarakat, menyampaikan kita menyadari bahwa pentingnya wawasan pelindungan kekayaan intelektual kepada peserta didik sejak dini.

“Pendidikan tentang Kekayaan Intelektual diperlukan sebagai upaya membentuk kualitas pribadi dan karakter yang baik agar terbiasa menghargai hak orang lain”, lanjut Eka.

Pada kesempatan tersebut, DJKI memberikan materi seputar kekayaan intelektual (KI), mulai dari hak cipta, merek, paten, desain industri, indikasi geografis, desain tata letak sirkuit terpadu, dan rahasia dagang, serta penegakan hukum KI.

Sementara itu, Guru Pendamping SMA IDD Soleh Harjanto, menyatakan kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan dari pameran dan pagelaran seni berupa hasil karya peserta didik seperti lukisan ataupun musik.

"Kami merasa hasil karya peserta didik perlu dicatatkan, dan mohon izin pendampingan serta bimbingan dalam pencatatan hak cipta", ujar Soleh.

Salah satu peserta didik SMA IDD berhasil melakukan pelindungan hasil karya dengan mencatatkan Lukisan melalui Aplikasi Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POP HC) dipandu oleh Reni Olva Yulandha selaku staf Sertifikat Hak Cipta.

DJKI berharap kunjungan ini dapat memberikan tambahan pengetahuan terkait KI dan pemanfaatan KI khususnya bagi kalangan akademisi di SMA Dian Didaktika untuk dapat lebih ditingkatkan. (SGT/SYL)



TAGS

#Hak Cipta

LIPUTAN TERKAIT

Asistensi Permohonan Paten Melalui Patent One Stop Service di Universitas Mulawarman

Pengajuan permohonan paten seringkali masih menjadi kendala bagi para inventor karena harus membuat draf permohonan yang dianggap sulit. Banyak inventor yang masih belum paham melakukan penulisan draf permohonan paten, terutama yang terkait lingkup pelindungan patennya sendiri.

Rabu, 17 Juli 2024

Keunikan Produk Perkebunan dan Pertanian Indonesia Dipamerkan di Sidang Majelis Umum ke-65 WIPO

Experience the Premium Quality of Indonesia’s Geographical Indication Agricultural Product menjadi tema Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam memamerkan produk indikasi geografis (IG) pertanian dan perkebunan pada Senin, 15 Juli 2024.

Selasa, 16 Juli 2024

Kenalkan Produk KI dan Budaya, Indonesia Ikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran AWGIPC

Masih dalam rangkaian Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) pada Senin, 15 Juli 2024.

Senin, 15 Juli 2024

Selengkapnya