Wujudkan Produktif dan Bahagia di Masa Pensiun, DJKI Gelar Persiapan Pembekalan Untuk Para Purnabakti

Yogyakarta - Masa pensiun merupakan masa yang pasti akan dihadapi oleh pegawai, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun dalam menghadapi masa pensiun, kebanyakan orang belum siap sehingga kurang bahagia secara mental, finansial maupun fisik. Hal ini tentunya dapat menimbulkan efek negatif kepada calon pensiunan pegawai.

Dalam rangka membantu untuk memberikan pembekalan serta menyiapkan PNS yang memasuki masa purna tugas, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM menggelar kegiatan Pembekalan Masa Pensiun Pegawai di lingkungan DJKI di Hotel Artotel Suites Bianti Yogyakarta pada tanggal 3 - 7 Juni 2024.

“Purna tugas merupakan hal yang pasti dan akan dialami oleh semua Aparatur Sipil Negara dan terkadang hal itu merupakan hal yang tidak mudah, meskipun purna tugas. Namun bukan berarti hal itu akan menghentikan seseorang untuk terus berkarya dan berinovasi,” ujar Anggoro Dasananto, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dalam sambutannya.

Menurut Anggoro, kadang orang menganggap bahwa pensiunan sebagai orang yang tidak produktif, padahal tidak selamanya demikian terutama pada era ini. Tidak sedikit contoh pensiunan yang mampu menyikapi perubahaan keadaan dengan sikap positif, sehingga justru malah menjadi pionir di berbagai bidang usaha.

“Masa purnabakti bukanlah halangan bagi kita untuk berhenti berkarya, justru menjadi awal dari kehidupan yang baru. purnabakti adalah penghargaan yang diberikan negara kepada setiap ASN yang telah mengabdikan diri bagi organisasi dengan menunjukkan etos kerja dan loyalitas tinggi bagi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM,” tambah Anggoro.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Kerja Sumber Daya Manusia yang diwakilkan oleh Sariman menjelaskan perbekalan yang diberikan dalam kegiatan ini. Selain tentang persiapan mental, pegawai juga dibekali dengan pengelolaan finansial yang baik. 

”Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan motivasi pengenalan potensi diri, kewirausahaan dan manajemen keuangan kepada ASN yang akan memasuki pensiun ataupun yang telah pensiun agar tetap semangat dalam bekerja dan mempersiapkan masa purna tugas,” ujar Sariman.

Sebagai informasi, Kegiatan Bekal Persiapan Pensiun Pegawai ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan DJKI. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta, 73 peserta dari DJKI,12 peserta pegawai purnabakti, 2 peserta dari BKN, 5 peserta dari Biro Kepegawaian, 2 peserta dari Tapera, 2 Peserta dari Taspen dan 4 peserta dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta. (DFF/KAD)

 



TAGS

#Agenda KI

LIPUTAN TERKAIT

Asistensi Permohonan Paten Melalui Patent One Stop Service di Universitas Mulawarman

Pengajuan permohonan paten seringkali masih menjadi kendala bagi para inventor karena harus membuat draf permohonan yang dianggap sulit. Banyak inventor yang masih belum paham melakukan penulisan draf permohonan paten, terutama yang terkait lingkup pelindungan patennya sendiri.

Rabu, 17 Juli 2024

Keunikan Produk Perkebunan dan Pertanian Indonesia Dipamerkan di Sidang Majelis Umum ke-65 WIPO

Experience the Premium Quality of Indonesia’s Geographical Indication Agricultural Product menjadi tema Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam memamerkan produk indikasi geografis (IG) pertanian dan perkebunan pada Senin, 15 Juli 2024.

Selasa, 16 Juli 2024

Kenalkan Produk KI dan Budaya, Indonesia Ikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran AWGIPC

Masih dalam rangkaian Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) pada Senin, 15 Juli 2024.

Senin, 15 Juli 2024

Selengkapnya