DJKI Siap Capai Target Kinerja dengan Terus Meningkatkan Pelayanan Prima

Bandung - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pelatihan pelayanan prima untuk pegawai di lingkungan DJKI guna memberikan kualitas pelayanan publik dan mencapai target kinerja.

Pada pelatihan yang digelar pada tanggal 20 s.d. 23 April 2021 di Grand Mercure Hotel Bandung ini, terdapat 3 (tiga) kelas di antaranya komunikasi interpersonal, pembekalan materi pelayanan prima serta dilanjutkan dengan simulasi pelayanan prima, analisa masalah serta diskusi kelompok.

Materi komunikasi interpersonal yang disuguhkan merupakan pola berkomunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka serta pembekalan materi pelayanan prima bertujuan untuk memberikan pegawai DJKI pengetahuan untuk dapat bersikap lebih profesional.



Tidak hanya itu, Koordinator Kepegawaian Dian Nurfitri juga menjelaskan bahwa etika dasar pelayanan adalah sikap sopan, hormat, sikap penuh perhatian, suka membantu, tenggang rasa, bersahabat serta mampu menguasai diri dan mengendalikan emosi.

“Kita harus menjadi yang profesional dengan menanamkan tata nilai PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif sehingga setiap orang harus memiliki integritas yang tinggi kepada negara, serta memiliki etos kerja yang baik,” ujar Dian saat membacakan sambutan Sekretaris DJKI pada Kamis, 21 April 2022. 

Oleh karena itu, Dian berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini pegawai DJKI dapat melakukan tanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat. 

“Dalam memberikan pelayanan prima kita harus memperhatikan sikap dalam humble atau ramah, menunjukan rasa saling memiliki, serta berjiwa besar,” tuturnya.

Selanjutnya, diharapkan setelah mengikuti pelatihan pelayanan prima, pegawai DJKI dapat menguasai teknik dalam memahami kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemohon Kekayaan Intelektual.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk dijadikan refleksi agar seluruh pegawai di lingkungan DJKI senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama, serta memberikan yang terbaik guna meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan DJKI menjadi ‘’World Class IP Office,’’ pungkas Dian. (CAN/KAD)


LIPUTAN TERKAIT

DJKI Evaluasi Sistem Digital, Siapkan Langkah Strategis Migrasi ke IPAS

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum terus melanjutkan reformasi digital dengan menyiapkan langkah strategis migrasi ke Industrial Property Administration System (IPAS). Sistem berbasis internasional ini dinilai dapat menghadirkan layanan kekayaan intelektual (KI) yang lebih efisien, aman, dan terintegrasi.

Kamis, 24 April 2025

Menemukan Titik Temu: Hak Cipta dan Hak Asasi Manusia di Era Digital

Di era digital yang semakin kompleks, hubungan antara hak cipta dan hak asasi manusia (HAM) menjadi sorotan penting. Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum gelar webinar pada Kamis, 24 April 2025, di Kantor DJKI bersama Anggara Suwahju, Managing Director Chayra Law Center, menyoroti pentingnya mencari keseimbangan antara pelindungan terhadap pencipta karya dan kebebasan masyarakat untuk mengakses informasi.

Kamis, 24 April 2025

DJKI dan WIPO Bahas Penguatan Transformasi Digital Layanan KI

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum terus menunjukkan komitmennya dalam memperkuat pelindungan kekayaan intelektual (KI) di Indonesia. Salah satu langkah strategis yang diambil adalah menguatkan jalinan kolaborasi dengan World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam pengembangan sistem administrasi KI berbasis teknologi informasi yang terintegrasi dan modern.

Rabu, 23 April 2025

Selengkapnya