Cara Menentukan Klasifikasi Barang Jasa saat Pendaftaran Merek

Jakarta - Seringkali ditemukan pemohon yang ingin melakukan pendaftaran merek mengalami kendala dalam menentukan klasifikasi dan jenis barang atau jasa ketika mengisi formulir permohonan.

Dalam pengajuan pendaftaran merek, pemohon wajib mencantumkan kelas barang dan atau jasa serta uraian dalam permohonannya. Sebab, penentuan klasifikasi barang dan jasa ini memiliki empat (4) fungsi dan tujuan.

Pertama, sebagai salah satu tanda untuk membedakan tipe pengajuan Permohonan merek; Kedua, untuk membedakan barang atau jasa yang satu dengan barang atau jasa lainnya; Ketiga, sebagai salah satu wujud dasar itikad baik pemohon dalam pengajuan permohonan yang menyesuaikan dengan produksi nyata; dan Keempat, merupakan pelindungan hanya untuk jenis barang atau jasa yang terdaftar pada sertifikat merek.

SubKoordinator Administrasi Permohonan dan Klasifikasi Merek Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Erick Siagian mengatakan bahwa dalam penentuan klasifikasi barang atau jasa, Indonesia menggunakan sistem Nice Classification.

“Saat ini kita menggunakan Nice Classification yang terdiri dari 34 kelas barang dan 11 kelas jasa,” kata Erick saat menjadi pembicara pada program Organisasi Pembelajar Ditjen KI (OPERA DJKI) edisi 12 melalui Zoom meeting, Rabu, 8 Februari 2023.

Lanjut Erick, disampaikan bahwa semua jenis permohonan merek, baik itu merek barang, jasa, ataupun merek kolektif akan selalu berkesinambungan dengan pengklasifikasian dari permohonan merek. Di mana, apabila melihat dari beberapa prinsip pelindungan merek, yang berkaitan dengan pengklasifikasian adalah The Principal of Speciality.

“Yaitu, pelindungan merek hanya diberikan terhadap jenis barang/jasa yang tercantum dalam sertifikat pendaftaran merek,” terangnya.

Lantas, bagaimana cara menentukan kelas barang atau jasa yang tepat untuk merek yang akan kita lindungi?

Menurut Erick, terdapat dua (2) hal yang fundamental saat menentukan klasifikasi kelas barang atau jasa, pertama, melihat secara fungsi dan kedua, menilik dari bahan pembuat.

“Sebagai contoh, terdapat tiga barang berupa sabun, namun secara fungsi memiliki perbedaan. Sabun “Shinzu’i” khusus sebagai sabun kecantikan, adapun sabun yang fokusnya pada kesehatan, yaitu sabun “Dettol”, namun ada juga sabun untuk mainan,” tutur Erick menjelaskan klasifikasi pada barang.

Adapun untuk penentuan klasifikasi pada jasa, Erick mengatakan pemohon harus tahu terlebih dahulu jenis layanan yang akan dimohonkan pelindungan mereknya.

“Sebagai contoh, jasa jual beli melalui situs web di kelas 35, seperti Bukalapak, Lazada,” ucapnya.

“Tetapi situs web tersebut, biasanya ada penyedia-nya atau pembuatnya, nah untuk jasa penyedia situs web untuk jual beli masuk dalam kelas 42, seperti “solusi digital” dan “docotel”, maka konteks jenis layanan digitalnya yang perlu kita ketahui bersama dalam menentukan klasifikasi, khusus untuk jasa yang tercover di kelas 35 sampai 45,” tambah Erick.

Erick juga menyampaikan bahwa peranan klasifikasi merek pada barang atau jasa dapat membantu untuk membedakan antar barang yang satu dengan barang lainnya.

“Kalau misalkan kita ke Supermarket, mungkin kita akan menemukan dua produk dengan merek yang sama tetapi dengan jenis yang berbeda. Maka peranan klasifikasi di sini dapat membantu untuk membedakan antar barang yang satu dengan barang lainnya,” pungkasnya.



LIPUTAN TERKAIT

Pelindungan KI di Papua Meningkat, Dirjen KI Terima Audiensi Kantor Wilayah Kemenkum Papua

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum menerima audiensi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kanwil Kemenkum) Papua di Kantor DJKI, pada Kamis, 08 Mei 2025. Kunjungan ini disambut langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu didampingi Direktur Teknologi Informasi Ika Ahyani Kurniawati dengan Kepala Kanwil Kemenkum Papua Anthonius M Ayorbaba membahas terkait laporan kegiatan yang diselenggarakan saat Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2025 pada 26 April lalu. Kanwil Kemenkum Papua berhasil mencatat pencapaian luar biasa, yakni menerbitkan sebanyak 3.960 sertifikat kekayaan intelektual, yang terdiri dari pendaftaran merek, hak cipta, dan desain industri. Angka tersebut jauh melampaui target awal sebanyak 1.000 pendaftaran dari tahun 2021 hingga 2025. Pencapaian ini menjadi bukti antusiasme atas meningkatnya kesadaran masyarakat Papua terhadap pentingnya pelindungan kekayaan intelektual.

Kamis, 8 Mei 2025

Pertemuan Bilateral DJKI-KIPO Bahas Kerja Sama di Bidang Akademi dan Patent Prosecution Highway

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum Republik Indonesia mengadakan pertemuan bilateral dengan Korean Intellectual Property Office (KIPO) di sela-sela Pertemuan ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke-75 yang diadakan pada 6 Mei 2025 di Siem Reap, Kamboja. Pertemuan ini untuk membahas perkembangan informasi kekayaan intelektual (KI) di antara kedua negara.

Selasa, 6 Mei 2025

DJKI Hadiri Pertemuan AWGIPC ke-75 di Siem Reap, Kamboja

Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu memimpin delegasi Indonesia dalam pertemuan ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke-75 yang diadakan pada 5 s.d. 9 Mei 2025 di Siem Reap, Kamboja. Pihaknya menyampaikan, pertemuan ini dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan dari kantor kekayaan intelektual (KI) negara-negara anggota untuk membahas beragam isu KI.

Selasa, 6 Mei 2025

Selengkapnya