Penutupan Forum Indikasi Geografis Nasional, Temu Bisnis, dan Apresiasi Insan Kekayaan Intelektual 2024

Jakarta - Direktur Kerja Sama dan Edukasi Yasmon menutup secara resmi rangkaian kegiatan Forum Indikasi Geografis Nasional, Temu Bisnis, dan Apresiasi Insan Kekayaan Intelektual 2024 yang berlangsung di Hotel Shangri-La Jakarta pada 12-13 Juni 2024.

Dalam prosesi penutupan, terlebih dahulu disampaikan berbagai catatan dan capaian yang terjadi selama berlangsungnya kegiatan selama dua hari ini.

“Kita telah sama-sama menyaksikan bagaimana Pemerintah telah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para insan kekayaan intelektual. Seperti kemarin misalnya, empat penghargaan diserahkan kepada para kreator dan inventor di Indonesia,” ujar Yasmon.

Yasmon mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diserahkan sebagai bentuk penghargaan atas berbagai capaian dan kontribusi para insan kekayaan intelektual (KI) sesuai dengan bidangnya masing-masing dengan harapan dapat memacu semangat untuk terus memberikan prestasi terbaik di bidang KI.

Lebih lanjut disampaikan capaian lain yang tidak kalah penting yaitu pembentukan Indonesian Intellectual property (IP) Academy (Edukasi KI Indonesia) sebagai salah satu upaya pengembangan ekosistem KI nasional.

“Capaian ini diharapkan dapat membangun jaringan professional KI, pengembangan kapasitas SDM, pelayanan informasi KI dan dukungan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pemanfaatan kekayaan intelektual,” jelas Yasmon.

Tidak hanya itu, rangkaian Forum Indikasi Geografis Nasional, Temu Bisnis, dan Apresiasi Insan Kekayaan Intelektual 2024 juga telah menghasilkan capaian lain yang menggembirakan, diantaranya yaitu terjadinya satu transaksi hilirisasi paten melalui kerja sama bisnis dengan mitra industri antara Universitas HKBP Nommensen dengan Yayasan Setia Budi Dharma Setia serta 205 transaksi produk paten (invensi) pada Ekspo Paten Indonesia.

“Hingga sekarang setidaknya telah terjadi transaksi penjualan produk Indikasi Geografis (IG) yang dipamerkan dalam kegiatan ini dengan persentase penjualan mencapai 80 persen. Kemudian ada lima transaksi bisnis komoditi besar produk IG dalam dan luar negeri,” ucap Yasmon.

“Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan kepada seluruh peserta kegiatan atas partisipasi dan komitmen yang diberikan demi kelancaran berlangsungnya kegiatan ini,” pungkasnya. (Iwm/Syl)

 



LIPUTAN TERKAIT

Asistensi Permohonan Paten Melalui Patent One Stop Service di Universitas Mulawarman

Pengajuan permohonan paten seringkali masih menjadi kendala bagi para inventor karena harus membuat draf permohonan yang dianggap sulit. Banyak inventor yang masih belum paham melakukan penulisan draf permohonan paten, terutama yang terkait lingkup pelindungan patennya sendiri.

Rabu, 17 Juli 2024

Keunikan Produk Perkebunan dan Pertanian Indonesia Dipamerkan di Sidang Majelis Umum ke-65 WIPO

Experience the Premium Quality of Indonesia’s Geographical Indication Agricultural Product menjadi tema Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam memamerkan produk indikasi geografis (IG) pertanian dan perkebunan pada Senin, 15 Juli 2024.

Selasa, 16 Juli 2024

Kenalkan Produk KI dan Budaya, Indonesia Ikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran AWGIPC

Masih dalam rangkaian Sidang Majelis Umum ke-65 Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti Pagelaran Seni dan Jamuan dalam rangka Pameran ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) pada Senin, 15 Juli 2024.

Senin, 15 Juli 2024

Selengkapnya