Komisi Banding Paten dan European Patent Office Bahas Pelindungan Paten

Jakarta - Komisi Banding Paten sebagai perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melakukan pertemuan secara virtual dengan European Patent Office (Kantor Paten Eropa) pada Rabu, 26 Juni 2024.

Pertemuan ini bertujuan untuk saling berdiskusi dan bertukar ilmu mengenai sistem pelindungan paten, terutama yang berkaitan dengan praktik penegakan hukum paten di masing-masing negara.

Wakil Ketua Majelis Banding Paten, Ragil Yoga Edi, dalam paparannya menyampaikan mengenai regulasi dan praktik Komisi Banding Paten yang berjalan di Indonesia.

"Dalam menyelesaikan suatu perkara paten, Komisi Banding Paten menjalankan tiga kompetensi hukum, yaitu menerima, memeriksa, dan memutuskan," ujar Ragil.

Anggota Komisi Banding Paten, Linggawaty Hakim, menuturkan bahwa dalam mengambil keputusan atas perkara paten, Komisi Banding Paten akan terlebih dulu memanggil para pihak terkait untuk hadir dalam sesi dengar (hearing session) guna mendapatkan kejelasan mengenai perkara yang sedang bergulir.

"Selain pihak terkait, kami juga meminta pendapat dari para saksi dan pakar ahli di bidangnya untuk mendapatkan masukan. Kami memiliki pakar paten dan pemeriksa paten dengan latar belakang ilmu sains," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Kebijakan Publik, European Patent Office, Gerard Owens, mendukung agar pertemuan seperti ini dapat dilakukan secara berkala untuk memperkuat sistem pelindungan paten di masing-masing negara.

"Pertemuan seperti ini merupakan aspek yang sangat penting bagi kita semua untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam membangun sistem paten," pungkasnya.

 



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Rapat Persiapan Penyusunan Kurikulum Pelatihan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan Rapat Persiapan Penyusunan Kurikulum Pelatihan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual pada Jum’at, 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

Tingkatkan Kapasitas Pegawai, DJKI Kolaborasi dengan CNIPA Gelar Patent Training

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai di bidang Paten, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan China National Intellectual Property Administration (CNIPA) menyelenggarakan Patent Training pada tanggal 27 - 28 Juni 2024 di Aula Oemar Seno Adji, Gedung DJKI, Jakarta Selatan.

Jumat, 28 Juni 2024

Tingkatkan Budaya Hukum dalam Pelindungan KI, DJKI Gelar EKII bagi Mitra Profesi Hukum

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) selalu berupaya untuk memberikan sosialisasi pengetahuan tentang KI kepada masyarakat salah satunya melalui kegiatan Edukasi Kekayaan Intelektual Indonesia (EKII) bagi Mitra Profesi Hukum yang diselenggarakan pada tanggal 26 - 28 Juni 2024 di Kantor DJKI

Rabu, 26 Juni 2024

Selengkapnya