Kepuasan Berbelanja Ragam Produk Indikasi Geografis di KI Expo 2024

Jakarta - Berbelanja berbagai produk khas Indonesia di satu tempat menjadi kepuasan utama Siti, salah satu pengunjung Pameran Indikasi Geografis Nasional dalam acara KI Expo 2024 yang diselenggarakan di Shangri-la Hotel, Jakarta, pada 12-13 Juni 2024. Dia mengatakan sangat senang dapat berbelanja dan bahkan mencoba berbagai jenis kopi yang dipamerkan.

“Saya sedang mencoba kopi rempah dari Jawa Timur dan terkejut karena rasanya sangat unik, berbeda dari kopi-kopi yang sehari-hari saya konsumsi. Selain itu, saya juga jadi melihat-lihat berbagai kain tenun dan batik, hasil pertanian yang dipamerkan,” ujar Siti di sela-sela menyesap Kopi Hyang Argopuro Bondowoso pada 13 Juni 2024.

Salah satu peserta pameran, Dani Firsada dari Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Hyang Argopuro Bondowoso Jawa Timur memang tidak hanya menyajikan kopi, tetapi juga memberikan edukasi cara penyeduhan kopi yang benar. Dani bercerita bahwa ini adalah momen yang tepat untuk menarik calon pembeli yang mungkin tertarik dengan biji kopi pilihan dari Jawa Timur. 

“Alhamdullillah kemarin ada calon pembeli dari Mesir yang tertarik untuk membeli tiga (truk) kontainer dari kami (petani kopi indikasi geografis Jawa Timur) setiap bulan. Itu kira-kira 20 ton kopi robusta mentah per kontainer,” ujarnya. 

“Kami dari petani tidak bisa memenuhi sendiri kebutuhan itu jika tidak bersatu dengan petani lain di Jawa Timur, dan ternyata dari calon pembeli ini tidak keberatan asalkan sesuai dengan kebutuhan mereka memproduksi kopi bubuk,” lanjut Dani.

Sementara itu, Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman Telaumbanua menyatakan bahwa pameran ini memang ditargetkan menjadi wadah pertemuan para produsen produk indikasi geografis sehingga terjadi transaksi yang menguntungkan bagi kedua pihak. 

Sebagai informasi, KI Expo 2024 yang telah digelar sejak kemarin telah dihadiri lebih dari 600 pengunjung. Jumlah produk indikasi geografis yang dipamerkan mencapai 138 produk lokal dan 15 produk dari Uni Eropa. Selain berbelanja, para pengunjung bisa mengikuti business talk dan layanan konsultasi kekayaan intelektual secara gratis sejak pukul 08.00 - 16.00 WIB.



LIPUTAN TERKAIT

Rapat Persiapan Penyusunan Kurikulum Pelatihan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan Rapat Persiapan Penyusunan Kurikulum Pelatihan Fungsional Analis Kekayaan Intelektual pada Jum’at, 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

Tingkatkan Kapasitas Pegawai, DJKI Kolaborasi dengan CNIPA Gelar Patent Training

Dalam rangka meningkatkan kapasitas pegawai di bidang Paten, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan China National Intellectual Property Administration (CNIPA) menyelenggarakan Patent Training pada tanggal 27 - 28 Juni 2024 di Aula Oemar Seno Adji, Gedung DJKI, Jakarta Selatan.

Jumat, 28 Juni 2024

Tingkatkan Budaya Hukum dalam Pelindungan KI, DJKI Gelar EKII bagi Mitra Profesi Hukum

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) selalu berupaya untuk memberikan sosialisasi pengetahuan tentang KI kepada masyarakat salah satunya melalui kegiatan Edukasi Kekayaan Intelektual Indonesia (EKII) bagi Mitra Profesi Hukum yang diselenggarakan pada tanggal 26 - 28 Juni 2024 di Kantor DJKI

Rabu, 26 Juni 2024

Selengkapnya