Kemeriahan Opening Ceremony Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno

Jakarta telah berhasil memukau dunia dengan memadukan pertunjukan budaya Indonesia dan teknologi yang canggih nan megah.

Unsur Kekayaan intelektual yang berbasis kepada ekspresi budaya tradisional pun nampak dari tari-tarian dari Sabang-Merauke yang dimainkan oleh ribuan penari. Salah satunya adalah Tari Ratoh Jaroe dari Aceh yang dibawakan 1.600 penari dari 18 SMA se-DKI Jakarta. Tari Ratoh Jaroe mirip dengan Tari Saman. Perbedaannya tari ini dibawakan penari wanita berjumlah genap, sedangkan Tari Saman dibawakan penari pria berjumlah ganjil. Koreografer Denny Malik dan Eko Supriyanto sukses merangkai tarian-tarian daerah itu menjadi pertunjukan yang apik dan megah.

Indonesia kaya akan Kekayaan Intelektual Komunal yang harus dijaga dan dilestarikan. Kita harus berbangga dengan karya intelektual anak bangsa. Pemanfaatan teknologi dan inovasi dunia hiburan seperti pembukaan Asian Games 2018, merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia pada dunia internasional.

Foto oleh @masagungwilis - jakarta globe


TAGS

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Serahkan Tiga Sertifikat, Paten di Bangka Belitung Semakin Meningkat

DJKI dan Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan tiga sertifikat paten kepada para inventor dan perwakilan Universitas Bangka Belitung. Penyerahan ini dilaksanakan pada pembukaan POSS, 1 Juki 2024 di Pangkalpinang.

Senin, 1 Juli 2024

Perundingan ICA CEPA Masuki Putaran ke-8

Delegasi Indonesia yang diwakili Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) aktif mengikuti putaran ke-8 Perundingan Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA CEPA) di Ottawa, Kanada pada 24 s.d. 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

DJKI dan MyIPO Bahas Pendaftaran Merek dan Indikasi Geografis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerima kunjungan dari Intellectual Property Corporation of Malaysia (MyIPO) di Kantor DJKI, Jakarta, pada hari Jumat, 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

Selengkapnya