DJKI Adakan Perundingan Indonesia-EU CEPA Putaran ke-15 di Jakarta

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengadakan Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) putaran ke-15 pada tanggal 17 s.d. 20 Juli 2023 di Hotel Manhattan Jakarta. Pertemuan kali ini bertujuan untuk membahas pasal-pasal dalam perjanjian terkait kekayaan intelektual (KI) yang belum rampung.

Pada putaran ini, terdapat beberapa pasal yang berhasil disepakati oleh pihak Indonesia dan Uni Eropa, antara lain Pasal X.61 mengenai Border Enforcement Measures Related to Intellectual Property Rights, PasalX.67 mengenai Cooperation and Transparency sertaPasal X.51 mengenai Provisional and Precautionary Measures,” ujar Koordinator Kerja Sama Luar NegeriMarchienda Werdany.

Sedangkan pasal-pasal lain tentang isu merek, paten, izin pemasaran obat, hak cipta, dan desain industri, serta usulan Indonesia mengenai genetic resources, traditional knowledge and folklore masih dalam tahapmembangun pemahaman dan perlu diskusi lebih lanjutsecara internal oleh kedua belah pihak.

DJKI sebagai lead Indonesia untuk Kelompok KerjaKekayaan Intelektual (WGIP) turut mengundang perwakilan-perwakilan dari instansi terkait seperti Kementerian Luar Negeri, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) serta Pusat Perlindungan Varietas Tanaman (PPVT) Kementerian Pertanian guna menguatkan posisi Indonesia dalam perundingan yang diharapkan selesaidi tahun 2023 ini sesuai dengan arahan Presiden RI. (syl/dit)



TAGS

#MoU #WIPO

LIPUTAN TERKAIT

Perundingan ICA CEPA Masuki Putaran ke-8

Delegasi Indonesia yang diwakili Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) aktif mengikuti putaran ke-8 Perundingan Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA CEPA) di Ottawa, Kanada pada 24 s.d. 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

DJKI dan MyIPO Bahas Pendaftaran Merek dan Indikasi Geografis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerima kunjungan dari Intellectual Property Corporation of Malaysia (MyIPO) di Kantor DJKI, Jakarta, pada hari Jumat, 28 Juni 2024.

Jumat, 28 Juni 2024

Kendala Drafting Paten di Lingkungan Kampus NTB

Ishak, Operator Sentra Kekayaan Intelektual Universitas Negeri Mataram, menceritakan banyaknya potensi penemuan yang bisa dipatenkan di lingkungan kampusnya. Kendati demikian, tidak semua inventor mampu membuat drafting paten yang baik sehingga penemuannya bisa dipatenkan.

Jumat, 28 Juni 2024

Selengkapnya