Yasonna Temui 8.000 Masyarakat melalui Roving Seminar Kekayaan Intelektual 2022

Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly bertemu dengan ribuan peserta melalui Roving Seminar Kekayaan Intelektual selama 2022. 

Hal ini disampaikan Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Sri Lastami pada kegiatan Evaluasi Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2022 di Ballroom Hotel Intercontinental Pondok Indah Jakarta, 29 November 2022. 

“Acara Roving Seminar KI diikuti oleh 3.162 peserta secara offline dan 5.086 peserta secara online, maka semakin banyak masyarakat mendapat pemahaman kekayaan intelektual langsung dari Bapak Menteri. Ini sekaligus sebagai implementasi tahun 2022 sebagai Tahun Hak Cipta Nasional” ujar Lastami.

Roving Seminar KI digelar dengan tujuan untuk meningkatkan pelindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual di daerah, karena masih adanya kesenjangan jumlah permohonan kekayaan intelektual yang signifikan pada wilayah - wilayah di Indonesia. Kegiatan ini telah digelar di Medan, Yogyakarta, Makassar dan Jakarta. 

Sementara itu, DJKI juga telah mengadakan Festival Karya Cipta Anak Negeri untuk menutup Tahun Hak Cipta tahun 2022 sekaligus membuka Tahun Merek 2023. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional dan mendorong kemajuan ilmu pengetahuan, seni dan sastra di Tanah Air. 

Direktorat Kerja Sama dan Pemberdayaan juga telah berhasil mencatatkan 573 Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) di Pusat Data KIK nasional. Pemetaan potensi ekonomi KIK di tujuh wilayah yang mendapatkan realisasi sebanyak 13 wilayah.

“Tahun depan perlu ditingkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM DJKI dan saling menguatkan koordinasi antara Kanwil dengan pemerintah daerah untuk penguatan KIK” tambah Lastami.

Selain itu, DJKI juga telah mengadakan Patent Drafting Camp yang berhasil mencetuskan 314 dokumen paten. Kegiatan pelatihan/pendampingan ini bermanfaat bagi inventor untuk menyusun spesifikasi paten yang sesuai. 

“Inventor tanah air harus dapat terus mengembangkan invensi-invensi yang ada sehingga siklus invensi diharapkan terus terjadi demi menemukan solusi baru dan lebih baik mendukung transisi ke masa depan yang berkelanjutan,” tutur Lastami.

Lastami juga menyampaikan bahwa pada tahun 2023 nanti pihaknya akan lebih memberdayakan Guru KI (Ruki). DJKI juga masih akan menjalankan program prioritas nasional KI Komunal dengan memanfaatkan pendampingan inventarisasi serta akan meluncurkan Paten Goes to Campus yang berkolaborasi dengan Direktorat Paten, Desain Tata Letak dan Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang.  

 



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Rencana Selenggarakan Geographic Indication Forum Juni 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM berupaya serius untuk meningkatkan pendaftaran produk indikasi geografis demi meningkatnya kesejahteraan ekonomi dari daerah. Sejalan dengan pencanangan Tahun Indikasi Geografis 2024, Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua menyatakan pihaknya berencana akan menyelenggarakan Geographic Indication Forum pada Juni 2024 di Jakarta.

Selasa, 2 April 2024

Raih Berkah di Bulan Suci Ramadan, DWP DJKI Gelar Santunan Kesejahteraan Tahun 2024

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) kembali menggelar kegiatan Santunan Kesejahteraan Tahun 2024 dengan tema Dharma Wanita Persatuan DJKI Meraih Berkah Dalam Indahnya Berbagi di Bulan Suci Ramadan yang dilaksanakan di Aula Oemar Seno Adji, Senin, 1 April 2023.

Selasa, 2 April 2024

Apel Pagi Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah

Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi pada Senin, 1 April 2024. Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Merah Kemenkumham tersebut dilakukan dalam rangka Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1445 Hijriah.

Senin, 1 April 2024

Selengkapnya