AGENDA KI

DJKI Lantik JFT Analis KI dan Arsiparis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melantik sejumlah pejabat fungsional tertentu (JFT) untuk jabatan arsiparis muda dan mada serta analis kekayaan intelektual pertama dan muda pada Senin, 25 Maret 2024 di Aula Oemar Seno Adjie, Jakarta Selatan. Pengambilan sumpah jabatan dari sejumlah 59 orang ini dilakukan melalui daring maupun luring.

Senin, 25 Maret 2024

DJKI Lakukan Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Melaksanakan pelayanan publik yang cepat, tepat, berkualitas, dan non-diskriminatif merupakan komitmen Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang prima.

Senin, 25 Maret 2024

Delegasi Indonesia Hadiri Pertemuan ANIEE ke-13 di Singapura

Delegasi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Anom Wibowo menghadiri pertemuan Asian Network of Intellectual Property Enforcement Expert (ANIEE) di Singapura pada Jum’at, 22 Maret 2024.

Sabtu, 23 Maret 2024

Tingkatkan Pelayanan Prima, DJKI Gelar FGD Bahas Permasalahan Aplikasi Desain Industri

Sebagai upaya mengatasi kendala para pengguna layanan aplikasi Desain Industri, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Aplikasi Desain Industri “Wujudkan Solusi Teknis Permasalahan Aplikasi Desain Industri” pada 19 s.d 22 Maret 2024 di Hotel Pullman Jakarta Central Park.

Jumat, 22 Maret 2024

Pisah Sambut Direktur Paten, DTLST dan Rahasia Dagang dan Direktur Kerja Sama dan Edukasi

Direktorat Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu, dan Rahasia dagang menggelar acara pisah sambut untuk pimpinan baru pada Jumat, 21 Maret 2024 di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Jakarta Selatan. Acara ini dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi direktur baru dan lama dengan pegawai di tempat masing-masing.

Jumat, 22 Maret 2024

Delegasi DJKI Lakukan Pertemuan Bersama Dengan Duta Besar RI di Singapura

Delegasi Republik Indonesia (RI) yang dipimpin oleh Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Anom Wibowo melakukan kunjungan bersama dengan Duta Besar RI untuk Singapura Suryopratomo sebelum menghadiri pertemuan ke-13 Asean Network of Intellectual Property Enforcement Expert (ANIEE) pada Kamis, 21 Maret 2024.

Jumat, 22 Maret 2024

Klaim Dinilai Tidak Baru, KBP RI Tolak Satu Permohonan Banding Paten

Komisi Banding Paten Republik Indonesia (KBP RI) menolak permohonan banding atas penolakan permohonan paten nomor P0020160094 yang berjudul Komposisi Lapisan Anti-Api melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kamis, 21 Maret 2024.

Kamis, 21 Maret 2024

Lima Produk Lokal Diputuskan Menjadi Indikasi Geografis Terdaftar

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melakukan pembahasan hasil pemeriksaan substantif Indikasi Geografis (IG) yang memutuskan bahwa kelima permohonan tersebut dapat diterima menjadi IG terdaftar pada Selasa, 19 Maret 2024, di Kantor DJKI, Jakarta.

Rabu, 20 Maret 2024

DJKI Gelar Bimbingan Teknis Manajerial, Sosial, dan Kultural Gelombang ke-4

Bogor - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Manajerial, Sosial, dan Kultural Gelombang ke-4 pada Kamis, 14 Maret 2024 di Avenzel Hotel and Convention Cibubur, Jawa Barat.

Kamis, 14 Maret 2024

DJKI Finasilasi Upaya Percepat Penyelesaian Piutang Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Rekonsiliasi Data dalam rangka Penyelesaian Piutang Biaya Jasa Tahunan Paten DJKI pada tanggal 13 s.d. 16 Maret 2024 di Artotel Suites Mangkuluhur.

Kamis, 14 Maret 2024

Sekretaris DJKI Berikan Pengarahan Pada Orientasi PPPK

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan intelektual (DJKI) membuka sekaligus memberikan pengarahan pada kegiatan orientasi Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan DJKI pada Rabu, 13 Maret 2024, di Aula Oemar Seno Adji, Lantai 18, Gedung Eks Sentra Mulia.

Rabu, 13 Maret 2024

Sekretaris DJKI Tanamkan Nilai PASTI Kepada 410 PPPK Baru

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Sucipto memberikan pengarahan kepada 410 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) baru di lingkungan DJKI pada Rabu, 6 Maret 2024, di Aula Oemar Seno Adji, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Kamis, 7 Maret 2024

DJKI Ikuti Kegiatan Roundtable on Content Streaming and Anti Piracy Enforcement

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti kegiatan Roundtable on Content Streaming and Anti Piracy Enforcement yang diselenggarakan oleh United States Patent and Trademark Office (USPTO) bekerja sama dengan Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta pada Rabu, 6 Maret 2024, di Park Hyatt Hotel, Jakarta.

Kamis, 7 Maret 2024

DJKI Dorong Pengembangan Kapasitas Pegawai di Bidang Pengadaan Barang dan Jasa

Sebanyak 51 pegawai Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengikuti Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa yang diselenggarakan oleh DJKI bekerja sama dengan PPM Manajemen. Adapun sebanyak 30 pegawai mengikuti Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Level Dasar dan sebanyak 21 pegawai mengikuti Pelatihan Pengadaan Barang dan Jasa Tipe C.

Kamis, 7 Maret 2024

DJKI Dongkrak Peningkatan Paten Dalam Negeri Melalui Patent One Stop Service

Dalam dua tahun terakhir, jumlah permohonan paten dalam negeri mengalami peningkatan. Di tahun 2023, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menerima sebanyak 15.033 permohonan paten, sekitar 36,9% berasal dari dalam negeri. Namun, jumlah tersebut belum optimal apabila dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kamis, 7 Maret 2024