DJKI Sambut Field Trip Istimewa Pertama di Tahun 2023

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan “field trip” pertama di tahun 2023. Berbeda dari kunjungan sebelumnya, kali ini DJKI didatangi oleh 122 pelajar Madrasah Aliyah Istiqlal pada Rabu, 8 Maret 2023 di Aula Gedung DJKI lantai 8.

Dalam sambutannya, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Sri Lastami mengungkapkan bahwa selama ini hanya Mahasiswa yang berminat untuk hadir langsung ke DJKI. Namun dengan program karyawisata ini, bisa jadi titik awal para pelajar Indonesia mengenal dan sadar tentang kekayaan intelektual sejak dini.

“Nantinya kami berharap para pelajar jadi punya semangat untuk menjadi inventor. Penemuan itu gak harus rumit dan bisa jadi sederhana di sekitar kita loh,” jelas Sri Lastami.

Lebih lanjut, Sri Lastami juga menceritakan contoh KI berupa royalti yang timbul dari karya cipta dan peluang bisnis yang timbul dari pendaftaran merek.

“Untuk menjadi orang hebat yang sadar akan kekayaan intelektual, bukan hanya menjadi penemu tapi bisa juga menjadi kreator seperti penulis buku atau pelaku usaha yang punya banyak merek dagang dan jasa,” tambahnya.

Ia berharap materi yang akan disampaikan nantinya dapat mengembangkan potensi para pelajar di kemudian hari.

“Dengan demikian, jumlah permohonan KI sebagai salah satu global innovation index Indonesia meningkat dan Indonesia semakin hebat,” pungkas Sri Lastami.

Terakhir, Sri Lastami memberikan apresiasi kepada para guru yang telah berinisiatif mengenalkan KI kepada masyarakat sejak dini khususnya pelajar yang ditandai dengan pemberian cendera mata kepada kepala madrasah.



LIPUTAN TERKAIT

Patent One Stop Service Jawab Tantangan Pelidungan Paten di Provinsi Maluku

Melihat jumlah permohonan dan kualitas penulisan spesifikasi paten yang diajukan oleh inventor dalam negeri, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat Indonesia saat ini terkait paten masih rendah. Para inventor masih menemui kesulitan dalam mengungkapkan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan yang dapat dilindungi.

Senin, 4 Maret 2024

Periksa Gambir Simsim, Tim Ahli Indikasi Geografis Sambangi Kabupaten Pakpak Bharat

Kab. Pakpak Bharat - Terletak di kaki Pegunungan Bukit Barisan terdapat daerah penghasil Gambir Simsim yang dikenal memiliki kualitas baik untuk produk farmasi. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Pakpak Bharat di Provinsi Sumatera Utara.

Jumat, 1 Maret 2024

Komisi Banding Paten Putuskan 2 Permohonan Banding

Komisi Banding Paten (KBP) memutuskan dua permohonan banding dengan judul invensi Sistem dan Metode untuk Pengunci Roda dan Penyeimbang pada Menara Parkir Berputar dan Analog Protein Tirosin-Tirosin dan Metode Penggunaan Analog Protein Tirosin-Tirosin Tersebut melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kamis, 29 Februari 2024

Selengkapnya