DJKI Sambut Field Trip Istimewa Pertama di Tahun 2023

Jakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan “field trip” pertama di tahun 2023. Berbeda dari kunjungan sebelumnya, kali ini DJKI didatangi oleh 122 pelajar Madrasah Aliyah Istiqlal pada Rabu, 8 Maret 2023 di Aula Gedung DJKI lantai 8.

Dalam sambutannya, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Sri Lastami mengungkapkan bahwa selama ini hanya Mahasiswa yang berminat untuk hadir langsung ke DJKI. Namun dengan program karyawisata ini, bisa jadi titik awal para pelajar Indonesia mengenal dan sadar tentang kekayaan intelektual sejak dini.

“Nantinya kami berharap para pelajar jadi punya semangat untuk menjadi inventor. Penemuan itu gak harus rumit dan bisa jadi sederhana di sekitar kita loh,” jelas Sri Lastami.

Lebih lanjut, Sri Lastami juga menceritakan contoh KI berupa royalti yang timbul dari karya cipta dan peluang bisnis yang timbul dari pendaftaran merek.

“Untuk menjadi orang hebat yang sadar akan kekayaan intelektual, bukan hanya menjadi penemu tapi bisa juga menjadi kreator seperti penulis buku atau pelaku usaha yang punya banyak merek dagang dan jasa,” tambahnya.

Ia berharap materi yang akan disampaikan nantinya dapat mengembangkan potensi para pelajar di kemudian hari.

“Dengan demikian, jumlah permohonan KI sebagai salah satu global innovation index Indonesia meningkat dan Indonesia semakin hebat,” pungkas Sri Lastami.

Terakhir, Sri Lastami memberikan apresiasi kepada para guru yang telah berinisiatif mengenalkan KI kepada masyarakat sejak dini khususnya pelajar yang ditandai dengan pemberian cendera mata kepada kepala madrasah.



LIPUTAN TERKAIT

Sesditjen KI Berikan Arahan kepada 410 PPPK

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) Anggoro Dasananto memberikan pengarahan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Senin, 20 Mei 2024. Dalam arahannya di Ruang Aula Oemar Seno Adji, Gedung Eks Sentra Mulia, Anggoro memberikan arahan mengenai kewajiban dan hak dari pegawai PPPK.

Senin, 20 Mei 2024

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional: Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas

Jakarta - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang perjuangan para pahlawan dan memperkuat tekad dalam membangun bangsa. Memperingati hari bersejarah tersebut, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) turut mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) pada Senin, 20 Mei 2024.

Senin, 20 Mei 2024

DJKI Lakukan Verifikasi Capaian Target Kinerja Kanwil Kemenkumham di Bidang KI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Verifikasi Laporan Rencana Aksi dan Target Kinerja Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Caturwulan I Tahun 2024 Program Kekayaan Intelektual di Hotel Sari Pacific Thamrin.

Rabu, 15 Mei 2024

Selengkapnya