Rencana Strategis DJKI Menuju Indonesia Emas 2045

Yogyakarta - Pada tahun 2022, World Intellectual Property Organization (WIPO) menyampaikan bahwa Indonesia dapat menjadi negara yang memiliki perkembangan dalam bidang inovasi Kekayaan Intelektual (KI). Hal ini dilihat dari adanya peningkatan produktivitas dan inovasi KI di Indonesia dalam Global Innovation Index (GII). 

Guna mendorong ekonomi nasional yang lebih baik lagi, komersialisasi aset KI harus dilakukan dan dikembangkan bersamaan dengan penegakan hukumnya agar segala bentuk inovasi dari masyarakat Indonesia memiliki nilai tambah secara komersil.  

Hal tersebut disampaikan oleh Dewo Broto selaku Direktur Hukum dan Regulasi Kedeputian Bidang Politik, Hukum, Pertahanan dan Keamanan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional pada kegiatan Rapat Evaluasi Kinerja Tahun 2023 di Hotel Melia Purosani pada Kamis, 7 Desember 2023. 

Dewo optimis dengan komersialisasi KI akan mampu membawa Indonesia mencapai visinya yaitu Indonesia Emas 2045 yaitu IP Education yang mencakup edukasi KI kepada semua pemangku kepentingan. Sementara itu untuk IP Protection yang mencakup penguatan penegakan hukum dan koordinasi baik dengan aparat penegak hukum. 

Tidak hanya itu, terdapat juga IP Production and Utilization yang mencakup peningkatan produk berbasis KI dan lokapasar untuk produk yang telah dilindungi KI dan IP System, Data and Information yang mencakup efisiensi dan efektifitas pendaftaran maupun pencatatan KI. 

“Menuju kesana DJKI harus melakukan transformasi ekonomi yaitu dengan melakukan penguatan ekosistem ekonomi kreatif berbasis KI,” ujar Dewo. 

Selanjutnya, Dewo menyampaikan rekomendasi penguatan peran DJKI dalam pemulihan ekonomi nasional dengan cara menguatkan regulasi yaitu perbaikan substansi regulasi di bidang KI yang meliputi arah kebijakan layanan digitalisasi dan akses pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melakukan kebijakan layanan digitalisasi yang memudahkan proses permohonan KI maka akan meningkatkan permohonan KI sehingga strategi IP Production and Utilization bisa tercapai dengan baik. 

Diharapkan pada tahun 2045 Indonesia sudah bertransformasi menjadi lebih baik di bidang ekonomi, digital dan pembangunan serta lingkungan hidup yang lebih baik. 

“Mari kita dorong pemanfaatan nilai ekonomi KI kepada masyarakat luas dengan terus melakukan pengamatan dan penguatan program sosialisasi dan edukasi KI untuk mewujudkan DJKI sebagai World Class IP Office menuju Indonesia Emas 2045,” pungkas Dewo. (CAN/VER)

 



LIPUTAN TERKAIT

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Tim DJKI Selenggarakan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis

DJKI Kemenkumham melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Sub Direktorat Indikasi Geografis menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis Tenun Ikat Flores Timur

Senin, 29 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/