Peringati Hari KI Sedunia, DJKI Harapkan Peningkatan Kerja Sama dalam Pelindungan KI

Jakarta – Setiap tahunnya Motion Picture Association (MPA) Asia Pacific bekerja bersama para pemangku kepentingan lokal untuk mengatur acara selama Hari Kekayaan Intelektual Sedunia dalam rangka mendorong interaksi yang lebih besar di antara komunitas kreatif, baik dari instansi pemerintah maupun mahasiswa.

Pada kesempatan kali ini MPA mengundang perwakilan industri film dan televisi, mahasiswa perfilman, serta wartawan pada kegiatan special screening “The Super Mario Bros Movie” yang dilaksanakan di Djakarta XXI Cinema, Senin, 17 April 2023.

“Dalam peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia hari ini, kami berharap tidak hanya memiliki perayaan seremonial tetapi meningkatkan kerja sama untuk melindungi karya-karya film serta lagu, baik dari domestik maupun seluruh dunia,” ucap Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Anom Wibowo dalam sambutannya.

Beliau melanjutkan bahwa dalam pembuatan lagu dan film menghabiskan banyak waktu dan pertimbangan serius sebelum diwujudkan dalam karya kreatif. Selain itu, biaya rekaman per episode juga sangat mahal. Kemudian, oknum yang tidak bertanggung jawab menjual karya-karya tersebut secara ilegal. 

“Pelanggaran yang dilakukan tersebut harus kita berantas dan memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku, karena kejahatan Kekayaan Intelektual tidak memiliki batas,” tekan Anom.

Baru-baru ini DJKI menangani kasus pelanggaran terhadap drama Korea yang dilakukan oleh orang Korea di Jakarta. Pelaku mengunduh drama secara ilegal dan mendistribusikannya ke jaringan internet dan memperoleh keuntungan besar

“Selain itu pada kesempatan ini juga, saya bersama Satuan Tugas Operasi (Satgas Ops) Kekayaan Intelektual Indonesia mengajak para pemangku kepentingan yang hadir di sini untuk melanjutkan kerja sama yang ada dan bertukar informasi untuk melindungi para kreator agar tetap dapat menciptakan karya untuk meningkatkan taraf hidup mereka,” pungkas Anom. 

Sebagai informasi, saat ini Satgas Ops KI terdiri dari sembilan kementerian/lembaga yaitu, DJKI Kemenkumham, Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Reserse Kriminal (Bareskrim), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Direktorat Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 



LIPUTAN TERKAIT

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/