Jajaki Transfer Knowledge dalam Membangun Kantor KI Berkelas Dunia, DJKI Lakukan Patok Banding di IP Australia

Canberra - Sebagai langkah dalam membangun kantor kekayaan intelektual berkelas dunia, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) gelar patok banding di IP Australia Canberra pada Kamis, 24 Agustus 2023. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Sucipto yang menjadi pimpinan delegasi menyatakan pemilihan IP Australia sebagai tujuan patok banding karena sudah menerapkan manajemen dan administrasi kekayaan intelektual (KI) secara baik dan modern.

"Ada 4 bidang yang akan dipelajari DJKI dari kegiatan hari ini yang meliputi pemanfaatan data dan teknologi informasi, finansial, pemeriksaan merek dan desain, serta strategi bisnis yang telah diimplementasikan oleh IP Australia," kata Sucipto.

Dalam kesempatan ini, DJKI juga menjajaki potensi transfer knowledge dan kerja sama untuk mengoptimalkan dashboard dan manajemen KI yang sudah diterapkan di DJKI. 

"Sejak 2018, DJKI sudah membuka permohonan KI secara online. Dengan adanya insight dari IP Australia yang sudah lebih modern dan terintegrasi, harapannya sistem KI yang kami lakukan akan semakin baik," harap Sucipto.

Delegasi Indonesia yang didampingi oleh Konselor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Australia Gulardi Nurbintoro disambut oleh perwakilan dari IP Australia General Manager of Policy Jodie McAlister, Director Policy and Stakeholders Group Tanya Duthie, Edwina Lewis, beserta jajaran.

Jodie menyatakan IP Australia sudah memanfaatkan National "Big Data" sehingga dapat membuat sistem dashboard KI yang terintegrasi mulai dari pendaftaran, pemeriksaan, pasca pendaftaran, dan pelaporan. 

"Dalam membangun sistem ini kami mengoptimalkan kerja sama dan anggaran dari berbagai pihak baik dari Pemerintah Australia maupun dengan pihak ketiga yang kompeten," ujar Jodie.

Jodie sangat mengapresiasi upaya DJKI yang sudah menjalin komunikasi dengan baik serta berharap pertemuan ini bisa berlanjut di kerjasama lainnya yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Salah satu kerja sama lanjutan dari pertemuan ini adalah IP Australia yang akan menjadi patok banding DJKI dalam membangun IP Academy, sebuah proyek edukasi kekayaan intelektual bagi para stakeholders KI di Indonesia.



TAGS

#Agenda KI

LIPUTAN TERKAIT

Ajukan Permohonan Mediasi, DJKI Terima Audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), tepatnya Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menerima audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik terkait dengan permohonan mediasi pada Jumat, 3 Mei 2024, di Kantor DJKI, Jakarta.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/