DJKI Siap Capai Target Kinerja dengan Terus Meningkatkan Pelayanan Prima

Bandung - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar pelatihan pelayanan prima untuk pegawai di lingkungan DJKI guna memberikan kualitas pelayanan publik dan mencapai target kinerja.

Pada pelatihan yang digelar pada tanggal 20 s.d. 23 April 2021 di Grand Mercure Hotel Bandung ini, terdapat 3 (tiga) kelas di antaranya komunikasi interpersonal, pembekalan materi pelayanan prima serta dilanjutkan dengan simulasi pelayanan prima, analisa masalah serta diskusi kelompok.

Materi komunikasi interpersonal yang disuguhkan merupakan pola berkomunikasi yang terjalin antara dua orang atau lebih secara tatap muka serta pembekalan materi pelayanan prima bertujuan untuk memberikan pegawai DJKI pengetahuan untuk dapat bersikap lebih profesional.



Tidak hanya itu, Koordinator Kepegawaian Dian Nurfitri juga menjelaskan bahwa etika dasar pelayanan adalah sikap sopan, hormat, sikap penuh perhatian, suka membantu, tenggang rasa, bersahabat serta mampu menguasai diri dan mengendalikan emosi.

“Kita harus menjadi yang profesional dengan menanamkan tata nilai PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif sehingga setiap orang harus memiliki integritas yang tinggi kepada negara, serta memiliki etos kerja yang baik,” ujar Dian saat membacakan sambutan Sekretaris DJKI pada Kamis, 21 April 2022. 

Oleh karena itu, Dian berharap bahwa dengan adanya kegiatan ini pegawai DJKI dapat melakukan tanggung jawab atas setiap tugas yang diberikan untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat. 

“Dalam memberikan pelayanan prima kita harus memperhatikan sikap dalam humble atau ramah, menunjukan rasa saling memiliki, serta berjiwa besar,” tuturnya.

Selanjutnya, diharapkan setelah mengikuti pelatihan pelayanan prima, pegawai DJKI dapat menguasai teknik dalam memahami kebutuhan masyarakat dan memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemohon Kekayaan Intelektual.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk dijadikan refleksi agar seluruh pegawai di lingkungan DJKI senantiasa bahu membahu, bersatu padu, bekerja sama, serta memberikan yang terbaik guna meningkatkan pengabdian kita demi kemajuan DJKI menjadi ‘’World Class IP Office,’’ pungkas Dian. (CAN/KAD)


LIPUTAN TERKAIT

Kemenkumham Gelar Rekonsiliasi Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara

Jakarta - Dalam rangka penyusunan laporan keuangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tahun 2022, Kemenkumham bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham dari seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) tingkat Kantor Wilayah Gelombang II di Hotel Ritz-Carlton Jakarta pada 30 Januari s.d 3 Februari 2023.

Senin, 30 Januari 2023

Kenali Pelindungan Objek Tiga Dimensi Antara Merek, Desain Industri dan Paten

Kegiatan Organisasi Pembelajaran (Opera) DJKI akan mengupas mendalam terkait ‘Perkembangan Kekayaan Intelektual’ yang khususnya membahas mengenai Tumpang Tindih Pelindungan Objek Tiga Dimensi antara Merek dengan Desain Industri dan Paten.

Senin, 30 Januari 2023

Hak Cipta Karya Pekerja atau Freelancer Milik Siapa?

Belakangan ini kasus sengketa kekayaan intelektual (KI) kerap terjadi di Indonesia, di antaranya mengenai kontrak kerja antara perusahaan dengan karyawan atau mantan karyawannya di bidang hak cipta. Contoh ciptaan yang menjadi permasalahan antara lain desain gambar, karya tulis, maupun perangkat lunak.

Jumat, 27 Januari 2023

Selengkapnya