DJKI Raih Dua Penghargaan Top Digital Awards 2023

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang Top Digital Awards 2023. Penghargaan tersebut, yaitu Top Digital Implementation 2023 #Star 5 dan Top Leader on Digital Implementation 2023.

Direktur Kerja Sama dan Edukasi Sri Lastami menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan apresiasi dari kerja keras seluruh insan DJKI dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik. Terutama dalam kemajuan pelayanan publik berbasis teknologi digital yang lebih cepat dan responsif.

"Tentunya pelayanan publik yang prima ini harus terus-menerus kita tingkatkan sehingga semakin banyak masyarakat merasakan manfaatnya," ujar Lastami usai mewakili DJKI menerima penghargaan di Hotel Raffles Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Top Digital Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Majalah ItWorks bekerja sama dengan sejumlah asosiasi IT  dan TELCO Indonesia. Penilaian ini diberikan kepada perusahaan dan instansi pemerintah di Indonesia. 

Adapun penilaian berdasarkan pada implementasi dan pemanfaatan teknologi digital untuk meningkatkan kinerja, layanan, inovasi, dan daya saing bisnis serta layanan kepada masyarakat maupun konsumen.

DJKI sendiri selama beberapa tahun ke belakang telah melakukan akselerasi transformasi digital pada sistem kekayaan intelektual (KI), salah satunya peluncuran POP HC (Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta) yang memangkas waktu permohonan pencatatan ciptaan dari 1 hari menjadi kurang dari 10 menit.

Selain itu, ada juga POP Merek  (Persetujuan Otomatisasi Pelayanan Merek). POP Merek saat ini berlaku untuk tiga layanan pasca permohonan merek yang dapat diselesaikan kurang lebih sepuluh menit, di antaranya perpanjangan pelindungan merek, pencatatan lisensi merek, dan petikan resmi sertifikat merek.

Secara statistik, pengajuan permohonan KI melalui layanan POP HC dan POP Merek semakin meningkat. Misalnya pada pengajuan permohonan perpanjangan merek pada tahun 2022 sebesar 4.948, lalu tahun 2023 menjadi 24.121.

Tak hanya transformasi layanan langsung, DJKI juga telah membangun kanal database KI yang dapat diakses masyarakat luas, seperti Pusat Data Nasional KIK dan Pangkalan Data Kekayaan Intelektual. 

Melalui database ini diharapkan masyarakat dapat memiliki akses pengetahuan mengenai data produk-produk KI Indonesia.

Untuk penghargaan Top Leader on Digital Implementation 2023 yang diraih oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen merupakan bukti komitmen pimpinan yang konsisten melakukan perbaikan kualitas pelayanan publik.

Ke depan, DJKI akan terus berbenah dan melakukan berbagai transformasi digital demi terciptanya pelayanan publik yg efektif dan memuaskan. (Syl/Daw)



LIPUTAN TERKAIT

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Tim DJKI Selenggarakan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis

DJKI Kemenkumham melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Sub Direktorat Indikasi Geografis menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis Tenun Ikat Flores Timur

Senin, 29 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/