DJKI Gelar Pertemuan Penguatan Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual di Amerika Serikat

Amerika Serikat - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan di bidang teknologi informasi (TI) di San Fransisco dan New York City pada 17 - 24 Oktober.

“DJKI telah memiliki keamanan sistem dan perangkat jaringan dengan teknologi yang update serta sangat aware terkait cyber security ,” ujar Dede Mia Yusanti, Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual (TI KI) pada kegiatan Executive Meeting on Information Technology bersama Cisco di San Fransisco. 

Adapun kegiatan ini membahas mengenai  penguatan keamanan sistem dan konsep cyber security di mana hal tersebut menitik beratkan pada penguatan perlindungan digital terhadap sistem komputer dari berbagai serangan maupun akses ilegal yang mampu mengganggu keamanan data dan informasi di suatu jaringan.

Beralih ke New York City, telah dilaksanakan pertemuan dengan The International Business Machines Corporation (IBM) yang digelar pada 21 Oktober yang dihadiri oleh Bargav Balagkrishnan selaku Vice President Product Management beserta Tim Ahli IBM yang membahas tentang modernisasi infrastriktur, pengembangan aplikasi dan penjelasan mengenai microservices. 

“Saat ini DJKI juga telah melakukan modernisasi infrastruktur Data Center sejak tahun 2020 dan kami akan terus update terkait hal tersebut,” ujar Dede. 

Tidak hanya itu, DJKI juga menggelar pertemuan dengan Moody’s Analytics pada tanggal 24 Oktober 2022 yang dihadiri oleh Andrew Bockelman selaku General Manager Data Solutions dan Matt McDonald selaku Global Content Moody’s Analytics yang membahas terkait pemanfaatan dan analisis data KI terkait komersialisasi dan valuasi. 

“DJKI telah melakukan modernisasi infrastruktur Data Center sejak tahun 2020 dan akan terus update, kami juga telah membangun sistem IP Marketplace yang diharapkan dapat membantu para pelaku usaha yang telah memiliki IP untuk dapat mengkomersialisasi kepada perusahaan maupun kepada calon investor” kata Dede.

Saat ini, DJKI telah mendapatkan penghargaan pada tahun 2021 dalam ajang Top Digital Awards. DJKI juga berkomitmen dalam memperbarui sistem agar memudahkan dalam memberikan pelayanan publik serta meningkatkan perangkat keamanan dan infrastruktur tetapi dan dapat mewujudkan pengembangan sistem informasi berbasis Artificial Intelligence dan Workflow Engine

“DJKI sangat mengapresiasi atas penjelasan terkait konsep modernisasi security system,  infrastruktur maupun aplikasi yang menggunakan teknologi cloud dan microservices serta penjelasan bagaimana cara untuk memanfaatkan data dengan tujuan untuk meningkatkan nilai valuasi dari sebuah kekayaan intelektual,”  pungkasnya. 

Melalui kegiatan ini diharapkan DJKI mendapatkan pemahaman serta pengetahuan baru dari tim ahli terkait arah pengembangan teknologi dan pemanfaatan data yang saat ini sedang dikembangkan oleh Cisco, IBM dan Moody’s Analytics.



LIPUTAN TERKAIT

Sekretaris DJKI dan Direktur Merek & Indikasi Geografis Uji Kompetensi Jenjang Kepangkatan Pemeriksa Merek Madya

Sekretaris DJKI dan Direktur Merek & Indikasi Geografis menguji kompetensi kepangkatan untuk pemeriksa merek madya pada Jumat, 27 Januari 2023 di Gedung DJKI. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan pemeriksa merek yang naik pangkat menjadi madya maupun utama memiliki kapasitas dan profesionalitas yang mumpuni untuk memberikan pelayanan publik terbaik pada masyarakat.

Jumat, 27 Januari 2023

DJKI Sita 1.668 Produk Krat Gelas Yang Dijual Tanpa Izin

Sidoarjo – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menerima pengaduan pelanggaran Kekayaan Intelektual (KI) tertanggal 20 Januari 2023 yang dilayangkan oleh salah satu pemilik desain industri “Krat Gelas” yang sudah terdaftar sejak tanggal 6 Februari 2020.

Jumat, 27 Januari 2023

Miliki Potensi, Jawa Timur Jadi Tujuan Pertama Konsultasi Teknis dan Pemberian Edukasi Penegakan Hukum KI

Surabaya – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menyelenggarakan kegiatan konsultasi teknis dan pemberian edukasi kepada pelaku usaha terkait pelindungan dan penegakan hukum Kekayaan Intelektual (KI), bertempat di JW Marriott Hotel Surabaya, pada Rabu 25 Januari 2023.

Rabu, 25 Januari 2023

Selengkapnya