DJKI dan UK IPO Lakukan Penjajakan Kerja Sama

Jakarta - Sejumlah perwakilan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dan Intellectual Property Office of the United Kingdom (UK IPO) melakukan pertemuan untuk berdiskusi dan berbagi informasi terkini antara kedua belah pihak di Kantor DJKI pada Selasa, 4 April 2023.

Mengawali pertemuan, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Lastami memperkenalkan berbagai program-program unggulan DJKI pada tahun 2023.

"Tahun ini, DJKI memiliki program-program unggulan, seperti One Village One Brand, IP Academy, Sertifikasi Pusat Perbelanjaan, dan Persiapan Pencanangan Kawasan Karya Cipta,"  ujar Lastami.

Lastami menjelaskan, program-program unggulan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pelindungan kekayaan intelektual (KI) di tengah masyarakat. DJKI sendiri memiliki beberapa target pada tahun 2023, antara lain menargetkan untuk meningkatkan permohonan KI sebanyak 17% dan menyelesaikan penanganan aduan pelanggaran KI sebanyak 100%.

Selanjutnya, Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang Yasmon turut menyampaikan mengenai program kerja dan capaian DJKI di bidang paten.

"Per 31 Desember 2022, kami menerima total 192.899 permohonan paten asing dan domestik dengan rincian sebanyak 173.207 permohonan paten dan 19.692 permohonan paten sederhana," jelasnya.

Sedangkan berdasarkan data per 2 April 2023, sebanyak 4.792 permohonan paten dan 6 permohonan paten sederhana dimohonkan oleh masyarakat Negara Inggris. Kebanyakan permohonan paten tersebut berasal dari bidang human necessities

"Tantangan yang kami hadapi dengan permohonan paten di Indonesia saat ini banyak teknologi baru, seperti teknologi nano, blockchain, dan artificial intelligence. Perlu adanya peningkatan skill bagi para pemeriksa paten. Mungkin selanjutnya kita bisa bekerja sama dengan UK IPO yang memiliki lebih banyak pengalaman," terang Yasmon.

Director of Business and International Policy of UK IPO Sarah Whitehead menyampaikan bahwa tantangan yang sama juga mereka hadapi di UK IPO.

"Kami juga memiliki kurang lebih persoalan yang sama. Bagaimana kami harus meningkatkan kemampuan para pemeriksa merek di UK IPO dalam menghadapi teknologi baru. Beberapa kali kami mengirim para pemeriksa paten untuk belajar langsung di perusahaan teknologi," kata Sarah.

Sarah juga berharap dengan adanya pertemuan ini dapat membangun relasi dan sinergi bagi kedua belah pihak dengan membangun program kerja sama.

Sebagai informasi, turut hadir dalam pertemuan Koordinator Kerja Sama Luar Negeri, Koordinator Permohonan dan Publikasi, dan Koordinator Penindakan dan Pemantauan beserta jajaran DJKI lainnya. (syl/dms)



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Ikuti Perundingan Putaran Ketujuh dalam Persetujuan Kemitraan Ekonomi Indonesia - Kanada

Semarang - Indonesia dan Kanada sepakat untuk membuat kerja sama demi memajukan perekonomian kedua negara. Upaya kerja sama itu dirundingkan dalam Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) yang dimulai sejak 2021 hingga saat ini. Perundingan ekonomi ini menyangkut banyak bidang, termasuk kekayaan intelektual.

Senin, 4 Maret 2024

Alat Musik Tradisional Sebagai Potensi Indikasi Geografis

Indonesia kaya akan budaya termasuk alat musik tradisional yang beragam dan unik. Setiap daerah memiliki alat musik khasnya sendiri yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kekayaan budaya setempat. Alat musik tradisional ini memiliki potensi besar untuk dilindungi dan dikembangkan sebagai Indikasi Geografis (IG).

Kamis, 29 Februari 2024

DJKI Libatkan Masyarakat dalam Perancangan Renstra 2025 - 2029

Palembang - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menilai penting adanya perspektif masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kekayaan intelektual selama lima tahun mendatang. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik sebagai Rancangan Awal Rencana Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2025 – 2029 pada 28 - 29 Februari 2024 di Novotel Palembang - Hotel & Residence.

Rabu, 28 Februari 2024

Selengkapnya