DJKI dan ERIA Bertemu Untuk Bahas Kerja Sama

Jakarta - Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang Yasmon melakukan pertemuan dengan Director General for Research and Policy Design Administration Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Toru Furuichi di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Selasa, 31 Januari 2023.

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka kerja sama yang dilakukan DJKI dengan ERIA untuk Research Project on Patent Examination Guidelines for the Emerging Technologies in ASEAN Region.

Proyek ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum di wilayah ASEAN terkait pemahaman tentang teknologi baru. Selain itu, Indonesia secara tidak langsung mendapatkan paparan pengetahuan terkait praktik pemeriksaan teknologi baru tersebut.

Yasmon menjelaskan bahwa rangkaian pelaksanaan proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 untuk tahap I dan berlanjut tahap II yang dimulai pada September tahun 2022. 

"Pertemuan hari ini diadakan untuk membahas tiga contoh kasus pemeriksaan paten terkait teknologi baru yang sedang berkembang seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Thing (IoT)," ujar Yasmon.

Ke depan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam proses pemeriksaan paten Indonesia, khususnya memperkuat penyusunan manual pemeriksaan paten.

Sebagai informasi, pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari ERIA yang terdiri dari Director General for Research and Policy Design Administration Toru Furuichi, Leader of ERIA Research Project 2021 Kazuo Hoshino, Patent Attorney for SIPTO Yuji Okuma, dan Patent Attorney for SIPTO Hitoshi Nishimura. 

Sedangkan pihak DJKI diwakili oleh para pemeriksa paten, yaitu Faisal Syamsuddin, Nico E. Soelistyono, M. Adril Husni, Faisal Narpati, dan Rani Nuradi. (syl/dit)



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Pelindungan Merek sebagai Strategi Pengembangan Usaha

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Anggoro Dasananto memberikan kunci peningkatan nilai produk untuk para pengusaha utama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurutnya penting bagi UMKM paling tidak untuk mendaftarkan merek dagang atau jasa mereka.

Kamis, 16 Mei 2024

DJKI Dukung Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) jemput bola dengan membuka layanan booth konsultasi kekayaan intelektual (KI) dalam kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang diselenggarakan di Gedung Smesco Jakarta

Rabu, 15 Mei 2024

Inventor Aceh Manfaatkan Kesempatan Asistensi secara Langsung

Kegiatan Patent One Stop Service bertujuan mempertemukan pemeriksa dengan inventor. Kebanyakan para inventor selama ini merasa bagian yang paling sulit ialah drafting, terutama terkait klaim paten. Dessy Emril selaku dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan POSS yang diadakan di Aceh ini. Ia berencana akan mendaftarkan dua permohonan paten. Namun belum memiliki pengalaman dalam membuat drafting paten. Sehingga ia merasa bersemangat menghadiri kegiatan ini.

Rabu, 15 Mei 2024

Selengkapnya