Delegasi Kekayaan Intelektual di Korea Selatan

DJKI Belajar dari Korea Selatan Demi Perkuat Teknologi Informasi KI

Korea Selatan - Delegasi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memenuhi undangan pertemuan dengan Korea Intellectual Property Office (KIPO) dan Korea Institute of Patent Information (KIPI) di Korea Selatan pada 7 - 12 Desember 2022.

Pertemuan ini merupakan bentuk pembahasan awal dari penawaran program oleh KIPO dan KIPI kepada DJKI terkait penguatan bidang teknologi informasi untuk peningkatan pelayanan kekayaan intelektual dalam bentuk capacity building dan sharing knowledge pada awal tahun 2023 di Korea.

Rangkaian agenda dimulai dengan Deputy Director Information & Customer Policy Division KIPO Sang Rae Lee yang memperkenalkan Intellectual Property Panorama dan sistem KI terintegrasi yang digunakan oleh KIPO kepada para delegasi DJKI di kantor KIPO Daejon.

Dalam pertemuan tersebut Sang Rae Lee berharap program yang ditawarkan nantinya dapat terlaksana sesuai rencana.

Lebih lanjut, di kantor KIPI Seoul, Deputy Director KIPI Kang Pyo Lee, membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi untuk kekayaan intelektual Korea Selatan yaitu penelusuran publik dan otomatisasi proses pendaftaran paten pada tahapan pemeriksaan formalitas.

Melalui kegiatan ini, diharapkan DJKI mendapatkan ruang lingkup yang lebih jelas atas rencana program tahun 2023 yang di tawarkan.

“Di awal tahun 2023, kami akan mempersiapkan high level meeting antara KIPO-KIPI dengan DJKI dalam penyusunan agenda kegiatan dimaksud,” pungkas Kang Pyo Lee.

Terakhir, delegasi DJKI juga memenuhi undangan IBM Innovation Center dan mendapatkan peningkatan pengetahuan mengenai isu terkini terkait optimalisasi ekosistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan data analytic.

Diharapkan dengan rangkaian agenda pertemuan ini, para delegasi DJKI mendapatkan perspektif baru dan pengetahuan yang dapat dimanfaatkan sebagai  bekal peningkatan pelayanan kekayaan intelektual yang prima. (AMO/SYF)



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Dukung Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) jemput bola dengan membuka layanan booth konsultasi kekayaan intelektual (KI) dalam kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang diselenggarakan di Gedung Smesco Jakarta

Rabu, 15 Mei 2024

Inventor Aceh Manfaatkan Kesempatan Asistensi secara Langsung

Kegiatan Patent One Stop Service bertujuan mempertemukan pemeriksa dengan inventor. Kebanyakan para inventor selama ini merasa bagian yang paling sulit ialah drafting, terutama terkait klaim paten. Dessy Emril selaku dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan POSS yang diadakan di Aceh ini. Ia berencana akan mendaftarkan dua permohonan paten. Namun belum memiliki pengalaman dalam membuat drafting paten. Sehingga ia merasa bersemangat menghadiri kegiatan ini.

Rabu, 15 Mei 2024

DJKI Dorong Komersialisasi Paten Provinsi Sulawesi Tenggara

Kendari - Meningkatkan jumlah penyelesaian paten dalam negeri merupakan salah satu dari tujuan dari pelaksanaan Patent One Stop Service (POSS) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Hal tersebut diwujudkan melalui kegiatan asistensi dokumen permohonan paten yang diselenggarakan di Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, pada 15 Mei 2024.

Rabu, 15 Mei 2024

Selengkapnya