DJKI Bahas Pemanfaatan Sistem Madrid di Indonesia dalam Business IP Asia Forum di Hong Kong

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) membahas pemanfaatan sistem Madrid di Indonesia pada ajang Business Intellectual Property (BIP) Asia Forum 2023 yang diselenggarakan di Hong Kong, Jumat, 8 Desember 2023.

Kurniaman Telaumbanua selaku Direktur Merek dan Indikasi Geografis yang menghadiri kegiatan tersebut menyampaikan bahwa permohonan merek melalui sistem Madrid meningkat selama tiga tahun berturut-turut sejak 2019-2021, dan sedikit mengalami penurunan pada tahun 2022 dan 2023.

“Seperti yang dapat kita lihat pada grafik, permohonan merek dagang melalui sistem Madrid rata-rata mencakup 10% dari total permohonan merek dagang DJKI,” kata Kurniaman.

Pada kesempatan tersebut, Kurniaman juga memaparkan keberhasilan DJKI yang sukses menghilangkan backlog permohonan merek pada tahun 2022 dan memangkas waktu tunggu dalam permohonan merek menjadi yang terpendek dalam sejarah DJKI.

Disamping itu, Kurniaman juga membahas tantangan dalam komersialisasi kekayaan intelektual (KI) di Indonesia yaitu masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengkomersialisasikan produk KI-nya.

“DJKI mencoba mengatasi permasalahan ini melalui beberapa program unggulan yaitu mendirikan Indonesia IP Academy yang dimulai tahun ini, kemudian mensosialisasikan pentingnya kekayaan intelektual melalui Mobile IP Clinic ke seluruh wilayah di Indonesia,” ucap Kurniaman.

Sebagai informasi, pada sesi awal kegiatan ini, Darren Tang selaku Director General dari WIPO menyampaikan bahwa ASEAN telah mengalami peningkatan jumlah permohonan merek yang signifikan, dipimpin oleh Indonesia. Jumlah total permohonan negara-negara ASEAN, telah meningkat sebanyak 400% selama 30 tahun terakhir, sehingga saat ini ASEAN telah muncul sebagai kekuatan KI baru di mata dunia.



TAGS

#Merek

LIPUTAN TERKAIT

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/