Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang Capai Target Kinerja 2023 dengan Baik


Yogyakarta - Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang (RD) Yasmon mengatakan bahwa Direktorat Paten, DTLST dan RD berhasil mencapai bahkan melampaui target kinerja yang telah disusun di awal tahun 2023. Hal ini disampaikan pada Rapat Evaluasi Kinerja pada Kamis, 7 Desember 2023 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta. 

“Alhamdulillah, saat ini program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD sudah terselenggarakan semuanya. capaian kinerja yang berhasil dilampaui sebanyak 258,35% adalah pengelolaan administrasi pemeliharaan paten tepat waktu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Yasmon. 

Tidak hanya itu, penyelesaian administrasi permohonan Paten juga telah diselesaikan yang semula ditargetkan 12.168 dokumen menjadi 19.421 yang berarti melampaui target sebanyak 159.61% dan masih banyak lagi.

Dari angka penerimaan permohonan paten selama enam tahun terakhir yang terus meningkat, Yasmon optimis bahwa di tahun 2023 bisa melebihi permohonan paten di tahun 2022.

Dalam hal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kontribusi yang telah diberikan oleh DJKI melalui sistem paten berjumlah 4 triliun rupiah selama 13 tahun terakhir. Adapun dari sistem paten, kontribusi PNBP di tahun 2023 telah melampaui tahun 2022. 

“Selama 13 tahun terakhir, PNBP dari sistem paten di tahun 2022 yang sejumlah 413 miliar rupiah mengalami peningkatan juga di tahun 2023 menjadi 430 miliar,” terang Yasmon. 

Pada kesempatan yang sama Yasmon juga memaparkan terkait program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 di antaranya adalah pelayanan paten terpadu (patent one stop service) yang akan diselenggarakan di 20 daerah. 

Tidak hanya itu akan dilaksanakan juga workshop penyelesaian substantif Paten dengan konsultan KI serta asistensi teknis permohonan paten bagi perguruan tinggi serta badan penelitian dan pengembangan yang diharapkan dapat mempermudah inventor dalam mendaftarkan patennya. 

“Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 akan memanfaatkan alokasi anggaran yang ada dengan membuat program kerja yang selektif guna menjadikan DJKI menjadi kantor KI berkelas dunia,” pungkas Yasmon. (CAN/VER)



LIPUTAN TERKAIT

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/