Belajar Kembangkan Potensi Produk melalui IP Talks : Meja Kurator

Jakarta - Dalam rangkaian kegiatan Merek Festival dengan tema “Cinta Lokal Sentuhan Global: Merek Kita, Cerita Kita Bangga di Panggung Dunia” , Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan IP Talks bertajuk “Meja Kurator” di Lapangan Merah Kemenkumham, Jakarta pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Meja kurator adalah program yang mengkurasi berbagai jenama lokal dengan cara menilai dan melihat potensi suatu produk secara jujur, terbuka dan apa adanya oleh pakar terbaik di bidangnya masing-masing.

Pada kegiatan ini terdapat dua sesi kurasi yaitu pertama sesi First Impression, di mana dalam sesi ini para kurator akan memberikan analisa dan penilaian kesan pertama melihat tampilan produk yang akan dikurasi tersebut. Kedua, sesi Future di mana pada sesi ini kurator akan memberikan analisa terhadap potensi dari produk tersebut di masa yang akan datang.

Bara Pattiradjawane atau yang akrab disapa Chef Bara selaku Food & Flavor Developer Chef yang merupakan kurator pertama pada kegiatan ini menyampaikan bahwa produk-produk yang telah dikurasi saat ini sudah memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.

“Dalam membuat suatu produk ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya harus bertanggung jawab terhadap produk yang akan dijual. Contohnya dalam menjual produk makanan selain rasanya, tetapi harus diperhatikan juga kebersihan dan keamanan apakah bebas dari segala macam zat aditif yang membahayakan,” ujar Chef Bara.

Selain itu, Chef Bara juga mengimbau kepada para pelaku jenama lokal untuk melek merek. Menurut dia selain kualitas dari produk yang harus diperhatikan, merek merupakan aset penting yang harus dilindungi karena akan menjadi identitas dari sebuah produk.

Pada kesempatan yang sama, Wida Winarno selaku Direktur PT. Embrio Biotekindo yang merupakan kurator kedua menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan Meja Kurator ini.

“Kegiatan ini sangat berguna untuk brand atau merek yang akan muncul di kemudian hari. Karena pada kegiatan ini para pemilik usaha bisa belajar potensi apa saja yang bisa dikembangkan dari sebuah produk untuk menghasilkan produk yang high class,” ucap Wida. 

Sebagai informasi, selain mengadakan talkshow kekayaan intelektual (KI), gelaran Festival Merek 2023 ini juga menyuguhkan berbagai acara menarik lainnya seperti pameran produk merek lokal, waralaba & temu bisnis, musik & hiburan serta layanan konsultasi dan fasilitasi KI yang diselenggarakan sejak 23 s.d 25 Oktober 2023. (Arm/kad)

 



LIPUTAN TERKAIT

Tingkatkan Kinerja dan Profesionalisme Pegawai, DJKI Gelar Konsinyering Pemberian Penghargaan dan Hukuman Disiplin serta Sanksi Administrasi

Pemberian penghargaan dan hukuman disiplin adalah suatu hal yang dibutuhkan dalam menciptakan kedisiplinan kerja pegawai. Selain itu, pemberian penghargaan dan disiplin tersebut merupakan bentuk motivasi kepada para pegawai untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme dalam bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Senin, 6 Mei 2024

Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Pegawai Melalui Penyusunan Peraturan Pembinaan Jabatan Fungsional

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) merupakan Instansi Pembina dari empat jabatan fungsional (JF) yaitu Pemeriksa Paten, Pemeriksa Merek, Pemeriksa Desain Industri, dan Analis Kekayaan Intelektual. Jabatan Fungsional adalah kedudukan yang menunjukkan tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam suatu satuan organisasi. Dalam pelaksanaan tugasnya, JF didasarkan pada keahlian dan/atau keterampilan tertentu yang kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan angka kredit yang terintegrasi oleh sasaran kinerja pegawai (SKP).

Senin, 29 April 2024

Delegasi Indonesia Ikuti Pelatihan Penegakan Hukum KI oleh ASEAN-USPTO 

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengikuti kegiatan Workshop on Effective Practices in Investigation and Enforcement Against Content Piracy yang diselenggarakan oleh Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan United States Patent and Trademark Office (USPTO) pada 23 s.d. 25 April 2024.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/