Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, DJKI Gelar Rakernis Tahun 2023

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) sebagai salah satu unit Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara langsung selalu ingin meningkatkan kualitas layanan masyarakat. Oleh karena itu, DJKI menggelar Rapat Kerja Teknis Penguatan Kinerja (Rakernis) DJKI Tahun Anggaran 2023 pada 19 – 22 Maret 2023 di Shangri-La Hotel Jakarta.

Pelaksana Harian Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plh. Plt. Dirjen KI) Anggoro Dasananto menyatakan bahwa kinerja DJKI pada 2022 telah menorehkan Capaian Teristimewa. DJKI mencatat, peningkatan permohonan kekayaan intelektual (KI) di tahun 2022 yang signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mengalami peningkatan sebesar 26,41% dibandingkan tahun 2021

“Untuk pertama kalinya permohonan KI menembus angka 100.000 permohonan (merek mencatatkan permohonan sebanyak 120.216 dan hak cipta mencapai 117.083),” ungkap Anggoro dalam sambutannya pada 19 Maret 2023. 

Kendati demikian, pihaknya berharap capaian tersebut tidak membuat para pegawai cepat berpuas diri. Anggoro berharap seluruh elemen dan komponen DJKI dapat saling bahu-membahu guna menyukseskan pencapaian Program Unggulan dan Program Kinerja DJKI tahun 2023 dan tahun-tahun mendatang.

“Dalam kesempatan Rakernis ini akan sama-sama kita bahas bagaimana program-program KI ke depan yang akan terus dapat berdampak nyata bagi masyarakat,” tambahnya. 

Lebih lanjut Anggoro menyatakan tujuan Rakernis agar proses evaluasi atas penyelenggaraan Program Unggulan DJKI 2022 dan persiapan pelaksanaan Rencana Aksi pelaksanaan Program Kerja dan Program Unggulan 2023 triwulan II-IV, serta usulan Program Kerja dan Program Unggulan tahun 2024 dapat dipersiapkan secara berkesinambungan. 

“Kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan perencanaan yang baik dan jelas kebutuhan lainnya untuk mendukung terbangunnya ekosistem KI nasional sebagaimana yang kita harapkan bersama,” sambung Anggoro. 

Sebagai informasi, Rapat Kerja Teknis DJKI Tahun 2023 ini digelar sejalan untuk mencapai visi dan misi Presiden Joko Widodo yang turun ke Kemenkumham dan dilaksanakan oleh DJKI, dalam bentuk Program, Prioritas Nasional, Target Kinerja, dan Program Unggulan DJKI. Dalam pertemuan ini, akan hadir sebagai narasumber dari Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Konsultan Renstra, Tim BSC Consulting, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Motivator Komisi Pemberantasan Korupsi. 



TAGS

#Agenda KI

LIPUTAN TERKAIT

Patent One Stop Service Jawab Tantangan Pelidungan Paten di Provinsi Maluku

Melihat jumlah permohonan dan kualitas penulisan spesifikasi paten yang diajukan oleh inventor dalam negeri, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat Indonesia saat ini terkait paten masih rendah. Para inventor masih menemui kesulitan dalam mengungkapkan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan yang dapat dilindungi.

Senin, 4 Maret 2024

Periksa Gambir Simsim, Tim Ahli Indikasi Geografis Sambangi Kabupaten Pakpak Bharat

Kab. Pakpak Bharat - Terletak di kaki Pegunungan Bukit Barisan terdapat daerah penghasil Gambir Simsim yang dikenal memiliki kualitas baik untuk produk farmasi. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Pakpak Bharat di Provinsi Sumatera Utara.

Jumat, 1 Maret 2024

Komisi Banding Paten Putuskan 2 Permohonan Banding

Komisi Banding Paten (KBP) memutuskan dua permohonan banding dengan judul invensi Sistem dan Metode untuk Pengunci Roda dan Penyeimbang pada Menara Parkir Berputar dan Analog Protein Tirosin-Tirosin dan Metode Penggunaan Analog Protein Tirosin-Tirosin Tersebut melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kamis, 29 Februari 2024

Selengkapnya