Refleksi Akhir Tahun 2021 Kemenkumham untuk Kinerja Semakin PASTI

Jakarta - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly, mengajak seluruh pejabat dan pegawai Kemenkumham untuk tetap menjaga komitmen, disiplin, dan mengedepankan sinergi serta kolaborasi untuk mewujudkan Kemenkumham semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif) dan Berakhlak.

“Refleksi akhir tahun ini adalah sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi atas pelaksanaan kinerja Kemenkumham selama tahun anggaran 2021,” ujar Yasonna pada Rabu, 29 Desember 2021 di Graha Pengayoman Kemenkumham RI dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2021 Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran unit utama, 33 kantor wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis dari Sabang hingga Merauke secara langsung dan daring melalui aplikasi Zoom dan YouTube.

Menurut Menkumham, di tahun 2021 ini Kemenkumham telah melakukan transformasi digital ke semua lini layanan publik dan administrasi perkantoran guna merespon cepat situasi kondisi yang muncul akibat dampak pandemi Covid-19, salah satunya adalah kondisi menurunnya tingkat perekonomian masyarakat.

Bukti nyata transformasi tersebut adalah inovasi aplikasi perseroan perorangan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan berusaha secara perorangan dalam membuka  usaha/ investasi dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Tidak hanya itu, Kemenkumham juga melakukan pembaruan sistem pada Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) yang bertujuan untuk perlindungan kekayaan intelektual di Indonesia.

“Kerja keras tidak mengkhianati hasil, berkat kolaborasi dan sinergi internal Kemenkumham, Kementerian/Lembaga lain, dan dukungan stakeholder lainnya, akhirnya Kemenkumham berhasil menorehkan prestasi sepanjang tahun 2021,” tutur Yasonna.

Adapun beberapa prestasi 2021 yang Kemenkumham dapati adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 10 kali berturut-turut; Penghargaan KPK kepada Kemenkumham atas pelaporan dan pengendalian gratifikasi; Penghargaan TOP DIGITAL Awards 2021 di Bidang Teknologi Digital (IT & TELCO) Kategori Instansi Pemerintah; dan sebagainya.

“Saya menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki. Perbaikan sistem dan pembaruan prosedur harus terus menerus kita update dan awasi, tujuannya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak bisa diprediksi. Saya minta hal ini dilakukan dengan cepat dan tepat,” jelas Yasonna.

Menkumham menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pimpinan Kementerian/Lembaga, seluruh jajaran Kemenkumham baik di tingkat pusat dan daerah, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), dan Kementerian Kesehatan atas fasilitas vaksin di Kemenkumham.

Apresiasi kepada media baik cetak maupun elektronik juga disampaikan oleh Menkumham atas dukungan rekan-rekan media dalam pemberitaan positif, membangun, dan mengedukasi publik khususnya tentang Hukum dan HAM.

“Kita songsong 2022 dengan doa dan harapan, agar kita mampu menjadi insan pengayoman yang lebih baik lagi,” pungkas Yasonna. (AMO/AMH)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

Halal Bihalal: Tradisi Positif Untuk Peningkatan Sinergi

Jakarta - Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) senantiasa menjunjung tinggi tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI)

Kamis, 18 April 2024

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Selengkapnya