Plt. Dirjen KI Dorong Bondowoso Bangun Swalayan Khusus Produk Lokal

Bondowoso - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu mengharapkan Bondowoso memiliki swalayan atau toko serba ada yang khusus menjual produk lokal Bondowoso. Hal itu karena kabupaten yang dipimpin Salwa Arifin ini terkenal sebagai Republik Kopi.

“Saya meminta kepada Bapak Bupati bagaimana kalau membangun sebuah swalayan milik Kabupaten Bondowoso yang memperdagangkan produk Bondowoso dan IG dari Bondowoso,” ucap Razilu.

“Mengapa kita tidak membangun ekonomi daerah melalui produk-produk daerah sendiri yang dijual di toko yang dibangun oleh pemerintah daerah masing-masing, silakan dari Bondowoso menginisiasi sebagai kabupaten pertama yang melakukan hal itu,” lanjutnya sambil menikmati kopi Indikasi Geografis (IG) di Bondowoso Republik Kopi (BRK) kafe Pendopo Kabupaten Bondowoso, pada hari Rabu, 12 Januari 2022.

Kopi yang disajikan merupakan produk kopi Kabupaten Bondowoso yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikat IG, yaitu Kopi Arabika Ijen Raung dan Kopi Arabika Hyang Argopuro

“Dengan kopinya, Bondowoso ternyata memiliki julukan republik kopi, luar biasa sekali,” ujar Razilu mengapresiasi usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso dalam meningkatkan ekonomi daerahnya yang dimulai dengan sadar akan pelindungan Kekayaan Intelektual (KI) di daerahnya.

Di sisi lain, Salwa Arifin menyampaikan tentang potensi kekayaan di Kabupaten Bondowoso, salah satunya yang terkuat memang adalah kopi. Kopi dari Bondowoso memiliki kualitas rasa yang diakui di dunia.

Salwa menyampaikan bahwa peran pemerintah Bondowoso dalam melindungi serta mengembangkan ekonomi berbasis KI di daerahnya yaitu dengan mendaftarkan merek kolektif Bondowoso Republik Kopi yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso sejak tahun 2016.

“Bondowoso Republik Kopi ini sudah dikenal sejak tahun 2016, hal ini karena kualitas kopi Bondowoso tidak hanya unggul, tapi juga kualitasnya tingkat dunia,” ujar Salwa.

Selain Kopi, Salwa juga menyatakan bahwa Bondowoso juga memiliki produk lain berupa tape yang memiliki kandungan dan rasa yang berbeda dengan daerah lain, serta harapannya dapat turut mendorong ekonomi daerahnya. (daw/kad)



LIPUTAN TERKAIT

Lanjutkan Program Unggulan 2022, DJKI Bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah

DJKI akan mengadakan kegiatan lanjutan ‘Yasonna Mendengar’ di Provinsi Jawa Tengah dan ‘Roving Seminar Kekayaan Intelektual’ di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

23 Mei 2022

Plt. Dirjen KI: KI Ada di Sekitar Kita dan Punya Nilai Ekonomi

Kekayaan Intelektual memiliki kaitan erat dengan manusia di kehidupan sehari - harinya. Mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali, KI ada di sekitar kita dan KI juga erat kaitannya dengan nilai ekonomi.

20 Mei 2022

Indonesia Masuk Negara dengan Pertumbuhan Pelindungan Paten Tertinggi

Tingkat pelindungan paten seringkali dihubungkan dengan kemajuan teknologi bangsa. Semakin menjamurnya paten lokal berbanding lurus dengan kemajuan ekonomi sebuah negara.

19 Mei 2022

Selengkapnya