Perwakilan DJKI Turut Serta Dalam Pertemuan APEC-IPEG di Amerika Serikat

California - Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Sri Lastami memimpin delegasi Indonesia dalam membahas isu-isu krusial di bidang kekayaan intelektual (KI) pada pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation - Intellectual Property Rights’ Experts Group (APEC-IPEG) di Palm Springs, California, Amerika Serikat pada tanggal 19 s.d. 20 Februari 2023.

APEC-IPEG merupakan pertemuan rutin di tingkat Asia Pasifik yang dihadiri oleh negara-negara anggota APEC, termasuk Indonesia yang pada tahun ini, Amerika Serikat menjadi tuan rumah untuk pertemuan seluruh Komite, Working Group, Fora dan Subfora APEC, termasuk IPEG.

Pada kesempatan ini, Lastami menyampaikan informasi mengenai kesuksesan pelaksanaan program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) tahun 2022 dan memperkenalkan program unggulan DJKI tahun 2023.

Selain itu, ia turut menyampaikan mengenai update peningkatan jumlah pendaftaran KI di Indonesia pada tahun 2021 dan 2022.

“Capaian yang diraih DJKI juga dilihat dalam usaha memperkuat pemahaman pentingnya pelindungan Kekayaan Intelektual dan manfaat yang dapat diperoleh dari pendaftaran kekayaan intelektual bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” jelasnya.

Selanjutnya, pada pertemuan ini juga dapat diketahui bahwa seluruh APEC Economies terus melakukan usaha perbaikan layanan kekayaan intelektual. Diharapkan kontribusi seluruh APEC Economies dalam menyukseskan prioritas dan rencana kerja APEC tahun 2023-2024 yang berfokus pada tiga hal, yaitu:

  1. IP Financing
  2. IP in the Digital Economy and Interconnectivity
  3. IP for Sustainable and Inclusive Growth

Sebagai informasi, Pertemuan APEC-IPEG dibuka dan dipimpin oleh Ketua APEC baru yang akan memimpin pertemuan IPEG untuk 2 tahun mendatang, yaitu Atty. Rowel S. Barba. Ia juga menjabat sebagai Director General of the Intellectual Property Office of the Philippines (IPOPHL) didampingi oleh Wakil Ketua APEC Sebastian Molina yang juga menjabat sebagai Head of Intellectual Property Division, Undersecretariat of International Economic Affairs Chile. (syl/dit)



TAGS

#AWGIPC

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

DJKI Rencana Selenggarakan Geographic Indication Forum Juni 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM berupaya serius untuk meningkatkan pendaftaran produk indikasi geografis demi meningkatnya kesejahteraan ekonomi dari daerah. Sejalan dengan pencanangan Tahun Indikasi Geografis 2024, Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniaman Telaumbanua menyatakan pihaknya berencana akan menyelenggarakan Geographic Indication Forum pada Juni 2024 di Jakarta.

Selasa, 2 April 2024

Selengkapnya