Meraih Bronze Winner dalam AHI 2021, DJKI Terus Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas layanan kepada masyarakat dengan memberikan informasi terpercaya, tepat, akurat, cepat dan terukur serta terus mengamalkan nilai PASTI yaitu Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif. 

Hal ini ditandai dengan keberhasilan DJKI dalam meraih Bronze Winner untuk nominasi Pelayanan Informasi Publik - Website Terinovatif dalam penghargaan Anugerah Humas Indonesia (AHI) tahun 2021 yang mana merupakan kompetisi kinerja hubungan masyarakat (humas) di Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, Anak BUMN dan BUMD dari seluruh Indonesia pada Jumat, (17/9/2021).

Sebagai salah satu instansi pemerintah, DJKI sangat memperhatikan pentingnya keterbukaan informasi publik (KIP) sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 dengan diraihnya penghargaan tersebut, DJKI menunjukan bukti keseriusan dalam mewujudkan akuntabilitas penyelenggaraan pelayanan publik, di mana tidak ada lagi 'sekat' penghalang masyarakat untuk mengetahui apa saja yang telah diperbuat oleh penyelenggara pelayanan publik, khususnya terkait dengan pelayanan kekayaan intelektual (KI). 

“Aspek dalam memenuhi kebutuhan informasi publik dan memiliki kreativitas juga inovasi menjadi ukuran yang paling penting dalam penjurian AHI tahun 2021,” ujar salah satu juri penghargaan AHI 2021, Asmono Wikan yang juga merupakan Founder dan CEO Public Relations (PR) Indonesia Group. 

Adapun kriteria penilaian organisasi pada AHI 2021 adalah meliputi ekspose, komunikasi, interaksi, kinerja dan prestasi dengan metodologi penilaian yaitu perhimpunan data sejak tanggal 1 Januari 2021 s.d. 30 Juni 2021 yang terbagi menjadi 7015 sumber media online lokal, 962 media online nasional dan 2338 media online internasional serta media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan YouTube. Data dianalisis secara kuantitatif melalui aplikasi Kazee dan secara kualitatif oleh PR Indonesia bersamaan dengan Kazee. 

Meski di tengah situasi pandemi yang mengharuskan seluruh lapisan masyarakat untuk mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan, kegiatan ini tetap diselenggarakan secara virtual dengan tujuan untuk mendorong kontribusi, peran, serta fungsi strategis tim komunikasi segenap institusi di Indonesia. 

Untuk itu keberhasilan DJKI dalam meraih Bronze Winner dalam penghargaan AHI 2021 merupakan acuan agar terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam mewujudkan DJKI menjadi The Best IP Office in The World.


LIPUTAN TERKAIT

Halal Bihalal: Tradisi Positif Untuk Peningkatan Sinergi

Jakarta - Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) senantiasa menjunjung tinggi tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI)

Kamis, 18 April 2024

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Jadikan Momentum Introspeksi dan Evaluasi Diri, Kemenkumham Gelar Apel dan Halal Bihalal Idulfitri 1445 Hijriah

Untuk mengawali kerja pasca libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar apel pagi sekaligus halal bihalal secara hybrid yang dilaksanakan pada Senin, 16 April 2024 di Lapangan Upacara Kemenkumham Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Selengkapnya