Lindungi Karya Anak Bangsa, DJKI Jalin Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia

Yogyakarta – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menyelenggarakan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Tentang Pusat Dukungan Teknologi dan Inovasi serta Implementasi Kerja Sama DJKI dengan Perguruan Tinggi/Kementerian/Lembaga di Hotel Tentrem, Yogyakarta pada Selasa (10/03/2020).

Perjanjian kerjasama ini dilaksanakan oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI), Freddy Harris dengan melibatkan 26 Perguruan Tinggi di Indonesia dan 1 Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Selain perjanjian di atas, diselenggarakan pula penandatanganan perjanjian kerja sama antara DJKI dengan dua perguruan tinggi tentang Pelindungan dan Pemanfaatan Kekayaan Intelektual, Universitas Lampung dan Universitas Halu Oleo.

Hasil perjanjian kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pendaftaran KI dari perguruan tinggi. Dalam sambutannya, Freddy Harris juga memberikan kesempatan bagi para perguruan tinggi untuk mengundang beliau menjadi pembicara tentang KI agar dapat memberikan motivasi lebih untuk meningkatkan pendaftaran.

Selain penandatangan perjanjian kerjasama di Hotel Tentrem, Dirjen KI juga melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara DJKI dengan sepuluh perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta (D.I.Y) serta Pemerintah Daerah Provinsi D.I.Y yang dilaksanakan di Grha Sabha Pramana (GSP) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dirjen KI berkesempatan untuk memberikan kuliah umum yang bertajuk “Kekayaan Intelektual dan Perlindungan Inovasi” di GSP UGM yang dilaksanakan setelah penyerahan sembilan belas Sertifikat Paten dari perguruan tinggi di Yogyakarta.

Kuliah umum yang terselenggara berkat kerjasama antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM D.I.Y, DJKI dan UGM ini telah dihadiri kurang lebih 1000 peserta akademisi dari seluruh fakultas di UGM dan masyarakat umum yang telah mendaftarkan diri. Acara kuliah umum ini diharapkan dapat mendorong para akademisi untuk memulai menciptakan karya mulai dari hal yang terdekat.

“Apabila dirasa sulit, ciptakan saja dari hal-hal di sekitar kita”, ujar Freddy Harris saat memberikan penjelasan tentang paten-paten sederhana yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Dalam kesempatan ini, DJKI juga menyerahkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) berupa batik Nitik yang terdapat di Yogyakarta. Pemberian pelindungan terhadap IG merupakan salah satu langkah DJKI untuk melindungi warisan budaya Indonesia, hal ini selaras dengan penetapan tahun 2020 menjadi tahun Kekayaan Intelektual Komunal.

Penulis: DAW
Editor: KAD


TAGS

#Merek

LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya