Kedubes AS Apresiasi Peningkatan Penegakan KI di Indonesia

Jakarta - Robert Ewing, Acting Deputy Chief of Mission, U.S. Embassy Jakarta menyatakan apresiasi dan dukungannya atas peningkatan penegakan kekayaan intelektual (KI) di Indonesia. Hal ini disampaikan dalam perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang diselenggarakan Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Motion Picture Association (MPA) pada Rabu, 20 April 2022.

 "Kami memuji upaya Indonesia untuk meningkatkan penegakan kekayaan intelektual. Meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, saya ingin menghargai upaya DJKI, yang telah membuat peningkatan penting dalam kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan AS," ujar Ewing di Djakarta Theater sebelum acara menonton bersama film 'Fantastic Beasts: Secret of Dumbledore'.



Ewing melanjutkan bahwa pihaknya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa kerangka peraturan yang efektif tersedia untuk mendukung bisnis kreatif Indonesia dan melindungi aset mereka. Menurutnya, KI adalah jantung dari ekonomi kreatif. "AS dengan senang hati menjadi mitra Indonesia dalam KI dan menyoroti peran penting yang dimainkan oleh KI dalam membangun bisnis yang lebih kuat, lebih kompetitif, dan tangguh secara global dan di Indonesia," imbuhnya.

Di sisi lain, Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa DJKI sekaligus Ketua Satuan Tugas Operasi Penanggulangan Status (Satgas Ops) Priority Watch List (PWL) Indonesia, Anom Wibowo, mengatakan berharap kerja sama ini terus terjalin baik.



"Semoga kerja sama antara MPA, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, dan Satgas Penegak Hukum Kekayaan Intelektual berjalan dengan baik sesuai harapan dan Indonesia dapat melepas status PWL," kata dia.

Anom melanjutkan bahwa pihaknya akan memimpin delegasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk menghadiri pertemuan tahunan INTA (International Trademark Association) di Washington DC pada 28 April 2022. DJKI akan membahas dan bertukar informasi tentang bagaimana menghadapi tantangan dalam merek dan indikasi geografis serta upaya penegakan hukum terhadap maraknya perdagangan barang palsu dan bajakan melalui e-commerce, yang tentunya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan KI Satgas Penegakan Hukum.

Sementara itu, film Fantastic Beasts karya J.K. Rowling ini dipilih sebagai wujud nyata kekuatan kreativitas, inovasi dan pemberdayaan KI. Menurut Stephen Jenner, Vice President, Communications, APAC at Motion Picture Association, kesuksesan franchise film asal Inggris ini bukanlah hasil sihir melainkan kerja keras.



"Bagaimana kita tidak menyebut film ini sebagai pemenang tidak hanya sebagai karya tulis, tetapi juga film? Karena dia tidak hanya telah menghibur ribuan fans di seluruh dunia, tetapi juga memberikan penghidupan bagi ribuan aktor, produser, kru, tim marketing, dan bahkan pekerja di bioskop," ujar Stephen.

 Acara ini mengundang pegawai dari sembilan kementerian/lembaga yang tergabung dalam Satgas Ops, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan. Selain itu, yang terbaru, DJKI juga bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, dan Kejaksaan. (kad/ver)


LIPUTAN TERKAIT

DJKI Lakukan Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Melaksanakan pelayanan publik yang cepat, tepat, berkualitas, dan non-diskriminatif merupakan komitmen Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang prima.

Senin, 25 Maret 2024

DJKI Lantik JFT Analis KI dan Arsiparis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melantik sejumlah pejabat fungsional tertentu (JFT) untuk jabatan arsiparis muda dan mada serta analis kekayaan intelektual pertama dan muda pada Senin, 25 Maret 2024 di Aula Oemar Seno Adjie, Jakarta Selatan. Pengambilan sumpah jabatan dari sejumlah 59 orang ini dilakukan melalui daring maupun luring.

Senin, 25 Maret 2024

Delegasi Indonesia Hadiri Pertemuan ANIEE ke-13 di Singapura

Delegasi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Anom Wibowo menghadiri pertemuan Asian Network of Intellectual Property Enforcement Expert (ANIEE) di Singapura pada Jum’at, 22 Maret 2024.

Sabtu, 23 Maret 2024

Selengkapnya