Dorong Percepatan Penyelesaian Piutang PNBP Paten, DJKI Gelar Focus Group Discussion

Surabaya - Sebagai upaya guna mempercepat penurunan outstanding hutang, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) sebagai salah satu satuan kerja pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terus berupaya melakukan langkah strategis untuk penyelesaian piutang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). 

Oleh karena itu, DJKI bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II menggelar focus group discussion (FGD) Percepatan Penyelesaian Piutang PNBP DJKI pada 26 s.d 28 Oktober 2022 di Hotel DoubleTree, Surabaya. 

“DJKI terus berusaha mengejar debitur untuk menyelesaikan hutangnya, serta terus berupaya dalam bertransformasi mengembangkan kemampuan dalam menyelesaikan piutang negara,” tutur Kepala Bagian Keuangan Cumarya. 

Cumarya menyampaikan bahwa pengelolaan piutang negara memiliki perspektif dan ruang lingkup yang luas, karena didalamnya mencakup kegiatan penatausahaan, optimalisasi penagihan, penghapusan dan pertanggungjawaban penyelesaian piutang. 

“Saat ini DJKI telah melakukan beberapa upaya dalam penyelesaian piutang yang salah satunya adalah melakukan validasi dan rekonsiliasi data piutang negara bersama KPKNL Jakarta II. Upaya - upaya tersebut telah mampu berkontribusi terhadap pendapatan negara yang diperoleh dari pelunasan piutang,” ungkap Cumarya.

Lebih lanjut. ia menyampaikan bahwa DJKI hingga kini masih mencatatkan outstanding piutang negara yang cukup besar dengan bersumber dari catatan laporan piutang bulan September 2022.

DJKI masih terus melakukan langkah - langkah perbaikan untuk  mengantisipasi dengan melakukan pemahaman terkait peraturan-peraturan, meningkatkan pengelolaan piutang secara efektif dan efisien serta menetapkan target penyelesaian piutang negara dengan upaya penagihan maupun administrasinya.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menghasilkan opini yang baik di mana salah satunya yaitu pengelolaan piutang yang baik dalam mekanisme penyajianya maupun dalam penghapusannya,” pungkas Cumarya. (mch/ver)



LIPUTAN TERKAIT

Sekretaris DJKI dan Direktur Merek & Indikasi Geografis Uji Kompetensi Jenjang Kepangkatan Pemeriksa Merek Madya

Sekretaris DJKI dan Direktur Merek & Indikasi Geografis menguji kompetensi kepangkatan untuk pemeriksa merek madya pada Jumat, 27 Januari 2023 di Gedung DJKI. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan pemeriksa merek yang naik pangkat menjadi madya maupun utama memiliki kapasitas dan profesionalitas yang mumpuni untuk memberikan pelayanan publik terbaik pada masyarakat.

Jumat, 27 Januari 2023

DJKI Sita 1.668 Produk Krat Gelas Yang Dijual Tanpa Izin

Sidoarjo – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia menerima pengaduan pelanggaran Kekayaan Intelektual (KI) tertanggal 20 Januari 2023 yang dilayangkan oleh salah satu pemilik desain industri “Krat Gelas” yang sudah terdaftar sejak tanggal 6 Februari 2020.

Jumat, 27 Januari 2023

Miliki Potensi, Jawa Timur Jadi Tujuan Pertama Konsultasi Teknis dan Pemberian Edukasi Penegakan Hukum KI

Surabaya – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menyelenggarakan kegiatan konsultasi teknis dan pemberian edukasi kepada pelaku usaha terkait pelindungan dan penegakan hukum Kekayaan Intelektual (KI), bertempat di JW Marriott Hotel Surabaya, pada Rabu 25 Januari 2023.

Rabu, 25 Januari 2023

Selengkapnya