DJKI Putuskan Akan Blokir Akun Instagram Pelaku Pelanggaran KI

Jakarta - Di era digital, banyak modus yang dilakukan dalam melakukan pelanggaran Kekayaan Intelektual (KI). Selain menjamurnya penjualan barang palsu melalui e-commerce, pembajakan karya cipta juga dilakukan melalui media sosial.

Salah satu platform yang menjadi tempat bersarangnya pelanggaran KI, yaitu Instagram. Seperti yang diketahui, saat ini Instagram tidak lagi hanya sebagai tempat untuk membagikan aktivitas sosial kegiatan pemilik akunnya, tetapi juga sebagai tempat untuk melakukan bisnis. 

Namun sayangnya bisnis yang dilakukan tidak sepenuhnya mematuhi peraturan. Perkumpulan Peduli Karya Cipta (PPKC) dirugikan oleh salah satu akun Instagram yang menjual kembali karya milik mereka dalam bentuk e-Book tanpa izin dari pencipta atau pemegang hak cipta.

Merespon pengaduan yang dilayangkan oleh PPKC melalui email, Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melakukan rapat verifikasi untuk mengetahui benar atau tidaknya dugaan pelanggaran hak cipta pada akun tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, PPKC selaku pelapor, berkesempatan memberikan keterangan dan presentasi mengenai pelanggaran yang diadukan sehingga memutuskan untuk mengirimkan permintaan takedown dalam mekanisme penutupan situs kepada DJKI.

“Dari hasil rapat ini, telah terverifikasi sebanyak 3 judul buku, diantaranya Happy Little Soul, Trik Juara Mengatur Waktu, dan Menjadi Cewek Smart, Independen dan Anti Galau sebagai bukti pelanggaran yang terjadi,” ujar Ahmad Rifadi selaku Koordinator Penindakan dan Pemantauan di Ruang Rapat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Gedung Eks Sentra Mulia pada 5 Januari 2023.

Berdasarkan hasil analisis dan presentasi yang diberikan oleh pelapor, serta ahli hak cipta, diputuskan telah terjadi pelanggaran KI pada akun Instagram tersebut. Dengan terbuktinya pelanggaran yang terjadi, DJKI akan mengirimkan pemblokiran konten yang dinilai telah terjadi pelanggaran.

“Kejadian ini menyebabkan kerugian ekonomis bagi para pencipta maupun pemegang hak cipta. Diharapkan dengan ditindaklanjutinya kejadian ini dapat menjadi warning bagi masyarakat untuk tidak melakukan pembajakan,” ucap Wulandari Sulistiani selaku ketua PPKC.

Sebagai informasi, tindak lanjut ini merupakan langkah konkret DJKI dalam hal komitmen meningkatkan pelayanan, salah satunya pelindungan KI yang terjadi di berbagai media. Selain dihadiri oleh PPKC, kegiatan ini juga dihadiri oleh Koordinator Penindakan Ahli dari Direktorat Hak Cipta serta perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang tergabung dalam Satuan Tugas Operasional dan bekerja sama dengan DJKI . (SAS/VER)



LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya