DJKI Mendapat Nilai “Baik” dan Menuju World Class IP Office Dalam Melayani Masyarakat

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan nilai baik dalam Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Hal ini disampaikan Direktur Katadata Insight Center, Adek Roza pada kegiatan Seminar Rapat Evaluasi Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual pada Senin, 28 November 2022 di Jakarta.

"Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual sangat mengedepankan prosedur pelayanan masyarakat prima dan transparan. Dari seluruh pelayanan 75% lebih didapatkan dari survey Net Promoter Score (NPS) dari setiap pelayanan Kekayaan Intelektual. Hasil penilaian NPS menunjukan hasil World Class,” ujar Adek.

Survei tentang tingkat kepuasan masyarakat ini diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik. 

“Dari hasil survei menunjukkan diperlukan peningkatan NPS di beberapa provinsi. Selain itu, DJKI juga perlu menjaga stabilitas hasil skor pelayanan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPK) yang telah didapat nilai ‘BAIK’ pada tahun 2020 hingga 2022 di Kantor Wilayah Kemenkumham di daerah,” lanjut Adek.

Untuk meningkatkan mutu kualitas pelayanan, DJKI menerapkan ISO 9001 yang memberikan standarisasi pelayanan. Tidak hanya itu, DJKI juga telah mendapatkan Sertifikasi  ISO 37001 untuk mengelola potensi risiko penyuapan dan korupsi.

“DJKI menetapkan ISO 9001 dan ISO 37001 sebagai program unggulan dalam penerapan pelayanan dan merupakan indikator dalam membangun tata kelola organisasi,” ujar CEO BSC Consulting, Wahyudin Lihawa sebagai partner DJKI dalam membangun Sumber Daya Manusia yang berkualitas.

Pada kesempatan ini, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Plt. Dirjen KI) Razilu menyampaikan apresiasinya atas kerja sama dengan Katadata dan BSC Consulting. Razilu meyakini survei dan peningkatan SDM yang terus dilakukan DJKI akan mewujudkan World Class IP Office.

“Insyallah pada 2023 DJKI akan menjadi kantor berkelas dunia yang mampu memberikan pelayanan terbaik untuk para pemangku kepentingannya. Saya harapkan kerja sama dan upaya setiap pihak untuk mewujudkan ini, ” pungkasnya. (dms/kad)



LIPUTAN TERKAIT

Kemenkumham Gelar Rekonsiliasi Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara

Jakarta - Dalam rangka penyusunan laporan keuangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tahun 2022, Kemenkumham bersama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham dari seluruh Indonesia menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) tingkat Kantor Wilayah Gelombang II di Hotel Ritz-Carlton Jakarta pada 30 Januari s.d 3 Februari 2023.

Senin, 30 Januari 2023

Kenali Pelindungan Objek Tiga Dimensi Antara Merek, Desain Industri dan Paten

Kegiatan Organisasi Pembelajaran (Opera) DJKI akan mengupas mendalam terkait ‘Perkembangan Kekayaan Intelektual’ yang khususnya membahas mengenai Tumpang Tindih Pelindungan Objek Tiga Dimensi antara Merek dengan Desain Industri dan Paten.

Senin, 30 Januari 2023

Hak Cipta Karya Pekerja atau Freelancer Milik Siapa?

Belakangan ini kasus sengketa kekayaan intelektual (KI) kerap terjadi di Indonesia, di antaranya mengenai kontrak kerja antara perusahaan dengan karyawan atau mantan karyawannya di bidang hak cipta. Contoh ciptaan yang menjadi permasalahan antara lain desain gambar, karya tulis, maupun perangkat lunak.

Jumat, 27 Januari 2023

Selengkapnya