DJKI Harap Inventor, Kreator, dan Pengusaha Muda Dukung Pembangunan Nasional

Jakarta - Sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional di saat memasuki situasi endemi saat ini, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM  (Kemenkumham) terus berkomitmen memberikan pelayanan publik terbaik. tujuannya adalah meningkatkan penciptaan karya, memberikan pelindungan kekayaan intelektual (KI), hingga pada penegakan hukumnya. 




“Terlaksananya keberhasilan DJKI dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat serta pencapaian target kinerja ini hasil dari kerja sama dan bekerja sama yang baik oleh kita semua dan Allah SWT,” ujar Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual pada acara Tasyakuran dalam Rangka Peringatan Hari KI pada Jumat, 3 Juni 2022 di Aula Oemar Seno Adjie Gedung Sentra Mulia.

Mengutip Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly, pada Peringatan Hari KI Tahun 2022 yang lalu, pemikiran anak muda yang inovatif, energik, dan kreatif dapat menggerakkan dunia ke arah perubahan yang positif.




“Harapannya untuk para inventor, kreator, dan pengusaha muda dapat menggunakan hak kekayaan intelektual untuk mencapai tujuan mereka, menghasilkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja, mengatasi tantangan global, serta mendukung pembangunan nasional,” tutur Direktur Teknologi Informasi KI selaku Ketua Panitia Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia 2022, Dede Mia Yusanti. 


Pada Puncak Peringatan Hari KI Sedunia 2022 yang bertema ‘Memacu Kreativitas dan Inovasi untuk Pertumbuhan Ekonomi Nasional’ ini, Yasonna berharap anak muda lebih terstimulus menghasilkan kreasi dan inovasi agar semakin banyak lahir kreator dan inventor Indonesia yang mampu bersaing di level internasional dan mengharumkan nama bangsa.




Adapun, rangkaian kegiatan yang telah terlaksana adalah DJKI Peduli, launching Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta pada Roving Seminar KI di Sumatera Utara, ‘Yasonna Mendengar’, acara Puncak Peringatan Hari KI Sedunia tahun 2022, penghargaan Menteri Hukum dan HAM diberikan kepada stakeholder dengan permohonan KI terbanyak, dan Peluncuran Logo Baru Indikasi Geografis dan Aplikasi IP Marketplace.


Selain itu, sedang terselenggara pula kegiatan Webinar Hak Cipta sepanjang tahun 2022 di setiap bulannya, kegiatan yang telah dilaksanakan sebanyak lima kali pada bulan Januari s.d Mei telah mampu menjaring 4.200 peserta , dan kegiatan DJKI Aktif Mengajar

“Berbagai rangkaian kegiatan juga dalam peringatan hari KI sedunia telah dilaksanakan dengan sukses ini adalah buah manis hasil kerja bersama,” pungkas Dede.  (ver/kad)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

Patent One Stop Service Jawab Tantangan Pelidungan Paten di Provinsi Maluku

Melihat jumlah permohonan dan kualitas penulisan spesifikasi paten yang diajukan oleh inventor dalam negeri, dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman masyarakat Indonesia saat ini terkait paten masih rendah. Para inventor masih menemui kesulitan dalam mengungkapkan hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan yang dapat dilindungi.

Senin, 4 Maret 2024

Periksa Gambir Simsim, Tim Ahli Indikasi Geografis Sambangi Kabupaten Pakpak Bharat

Kab. Pakpak Bharat - Terletak di kaki Pegunungan Bukit Barisan terdapat daerah penghasil Gambir Simsim yang dikenal memiliki kualitas baik untuk produk farmasi. Wilayah tersebut adalah Kabupaten Pakpak Bharat di Provinsi Sumatera Utara.

Jumat, 1 Maret 2024

Komisi Banding Paten Putuskan 2 Permohonan Banding

Komisi Banding Paten (KBP) memutuskan dua permohonan banding dengan judul invensi Sistem dan Metode untuk Pengunci Roda dan Penyeimbang pada Menara Parkir Berputar dan Analog Protein Tirosin-Tirosin dan Metode Penggunaan Analog Protein Tirosin-Tirosin Tersebut melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Kamis, 29 Februari 2024.

Kamis, 29 Februari 2024

Selengkapnya