DJKI dan EAPO Rumuskan Kerja Sama Dalam Hal Capacity Building Termasuk Beasiswa

Denpasar - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bahas peluang kerja sama di bidang invensi paten robotik dengan Eurasian Patent Office (EAPO) yang terdiri dari beberapa negara di antaranya Kyrgyztan, Azerbaijan, Armenia, Federasi Rusia, Kazakhtan, Tajikistan dan Belarus.

Saat ini, Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar di bidang paten karena banyak anak-anak muda yang ikut dalam kompetensi paten. Hal ini merupakan sebuah potensi terjadinya peluang kerja sama di bidang perdagangan antara rusia dan Indonesia.

“Banyak pula pengusaha Rusia yang mengharapkan dapat perlindungan KI di Indonesia,” ujar Fajar S. Taman selaku Koordinator Kerja Sama Luar Negeri di sela-sela ajang Indonesia Inventors Day 2022, Senin, 31 Oktober 2022.

“Kami sangat mengapresiasi atas keterlibatan EAPO di Indonesia dan kami berharap adanya Memorandum of Understanding (MoU) sebagai perekat hubungan kedua pihak agar meningkatkan sistem kekayaan intelektual (KI) khususnya di bidang paten,” lanjutnya.

Bertempat di Dharma Negara Alaya Denpasar Bali, delegasi EAPO yang dipimpin oleh Galina Mikheeva menyampaikan terima kasih atas penerimaan yang sangat hangat dari DJKI, dirinya mengatakan bahwa EAPO telah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka penyebarluasan informasi terkait sistem paten melalui seminar internasional dan kerja sama dengan berbagai pihak.

Salah satu yang dilakukan EAPO adalah keterlibatan menjadi juri dalam ajang Young Inventors Award yang diselenggarakan oleh Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) pada tanggal 29-31 Oktober di Bali.

“Dengan digelarnya acara ini dapat dilihat bahwa banyak sekali ide atau paten yang dihasilkan oleh anak-anak muda. Potensi ini bisa didorong dalam bentuk kerja sama yang baik,” kata Mikheeva.

Penawaran kerja sama yang diberikan bukan hanya dalam hal capacity building melainkan juga pemberian beasiswa bagi anak muda di Indonesia untuk dapat belajar KI di Rusia.

Pihak EAPO juga menyambut baik dengan adanya tahun Merek di 2023. Ke depan, kedua belah pihak akan membahas lebih lanjut keseriusan kerja sama ini. Diharapkan, kerja sama ini dapat meningkatkan perekonomian di masa yang akan datang.



LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya