DJKI Bahas Perkembangan RUU Paten dengan Amcham

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melakukan pertemuan dengan American Chambers of Commerce (Amcham) Indonesia di Kantor DJKI Jakarta pada Jumat, 21 Juli 2023. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas perkembangan RUU tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten.

"Progressnya saat ini RUU sudah ke luar dari DJKI dan saat ini ada di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI. Nantinya Kemensetneg akan membuat surat Presiden yang ditujukan ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk dilakukan pembahasan terkait RUU tersebut," jelas Subkoordinator Pertimbangan Hukum dan Litigasi Lily Evelina.

Lily menjelaskan bahwa pihak Amcham cukup concern dengan kemajuan pembahasan RUU ini untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dan pemangku kepentingan dapat terakomodasi dalam RUU.

"Amcham merupakan perwakilan dari pihak industri khususnya dalam hal ini yang punya kepentingan terkait dengan paten. Ke depan, akan ada pembahasan lebih lanjut dengan Amcham," lanjutnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Bambang Sagitanto selaku Analis Hukum Madya menerangkan bahwa tujuan penyusunan RUU Paten adalah untuk mengatasi isu-isu pada pelayanan paten yang mencakup proses pemeriksaan substantif, perubahan data permohonan, dan biaya tahunan.

"Arah perubahan regulasi, yaitu untuk mendorong inovasi nasional dengan peningkatan pendaftaran kekayaan intelektual (KI) di mana akan membuka kesempatan perolehan hak paten untuk semua bidang teknologi, hingga keringanan biaya bagi UMKM," pungkasnya. (Syl/Dit)

 



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Pelindungan Merek sebagai Strategi Pengembangan Usaha

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Anggoro Dasananto memberikan kunci peningkatan nilai produk untuk para pengusaha utama usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menurutnya penting bagi UMKM paling tidak untuk mendaftarkan merek dagang atau jasa mereka.

Kamis, 16 Mei 2024

DJKI Dukung Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) jemput bola dengan membuka layanan booth konsultasi kekayaan intelektual (KI) dalam kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang diselenggarakan di Gedung Smesco Jakarta

Rabu, 15 Mei 2024

Inventor Aceh Manfaatkan Kesempatan Asistensi secara Langsung

Kegiatan Patent One Stop Service bertujuan mempertemukan pemeriksa dengan inventor. Kebanyakan para inventor selama ini merasa bagian yang paling sulit ialah drafting, terutama terkait klaim paten. Dessy Emril selaku dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala mengaku senang dan mengapresiasi kegiatan POSS yang diadakan di Aceh ini. Ia berencana akan mendaftarkan dua permohonan paten. Namun belum memiliki pengalaman dalam membuat drafting paten. Sehingga ia merasa bersemangat menghadiri kegiatan ini.

Rabu, 15 Mei 2024

Selengkapnya