DJKI Ajak Polytron Hasilkan Invensi Electronic Vehicle

Demak - Berdiri sejak tahun 1975 di Kabupaten Kudus, Polytron awalnya hanya memproduksi produk audio video. Saat ini Polytron juga memproduksi produk home appliances seperti air conditioner, lemari pendingin, dan water dispenser, bahkan produk kesehatan. Yang terbaru, Polytron juga memproduksi kendaraan listrik di Site Sayung, Demak, Jawa Tengah.

“Kami mendukung program pemerintah dalam transformasi green energy dan melihat peluang pasar untuk motor listrik,” ujar Human Resources Polytron David Setyahadi. Hal ini disampaikannya saat kunjungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Polytron Sayung, 19 Februari 2024. David juga menjelaskan selama ini Polytron selalu mengedepankan research and development dalam inovasi produknya dan saat ini sudah memiliki beberapa paten terdaftar.

Slamet Riyadi Ketua Tim Kerja Permohonan dan Publikasi Paten sangat mengapresiasi komitmen Polytron sebagai industri dalam negeri yang menggunakan paten sebagai competitive advantage dalam industrinya. “Saat ini sudah banyak paten terkait electronic vehicle yang berasal dari luar negeri, namun dari dalam negeri belum ada. Peluang ini sebaiknya dimanfaatkan oleh Polytron dalam menghasilkan invensi teknologi baru yang bermanfaat dan bernilai komersial,” himbau Slamet.

Hadir juga dalam kunjungan ini Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Anggiat Ferdinan. “Polytron memiliki pabrik yang luas dan menyerap banyak tenaga kerja di wilayah Jawa Tengah, penggunaan mesin dan inovasi sangat berguna bagi efisiensi produksi di pabrik ini,” ujar Anggiat. Anggiat juga menyatakan bahwa Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah sebagai kepanjangan pelayanan kekayaan intelektual dari DJKI siap untuk menjadi mitra dalam pendaftaran maupun penyelesaian sengketa paten.

Kunjungan ini merupakan awal dari rangkaian Patent One Stop Service (POSS) atau Layanan Paten Terpadu Jawa Tengah pada 19 - 22 Februari 2024. Kunjungan ini juga merupakan pilot project untuk memetakan potensi paten di bidang industri, setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Patent Goes to Campus di tahun 2023.



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya